5 Tahap Melakukan Set Goal untuk Mengembangkan Karier Anda

Table of Contents

Set goal adalah sebuah kunci untuk mewujudkan target dan impian. Hal ini diperlukan agar kehidupan Anda tidak bagaikan air yang mengikuti arus, melainkan memiliki tujuan yang jelas.

Set goal atau goals setting adalah sebuah proses untuk mencapai suatu keinginan atau tujuan. Goal setting bisa dibilang seperti kompas yang mengarahkan dan menuntut langkah Anda untuk mencapai tujuan. Tentunya setiap orang memiliki visi misi dan juga tujuan dalam hidupnya yang ingin dicapai.

Goal setting ini sangatlah penting bagi Anda yang merasa kehidupannya, atau karirnya tidak memiliki arah. Kebutaan arah dalam karier ini bisa diatasi dengan membuat target-target atau tujuan yang ingin dicapai. Sehingga kehidupan Anda tidak terbawa arus dan tidak memiliki skala prioritas yang jelas.

Dalam mewujudkan mimpi dan tujuan, ada beberapa tahapan mulai dari menetapkan tujuan awal bekerja, menggunakan SMART goal, membuat perencanaan, membuat target tertulis, hingga mempraktekkannya, dan jangan lupa untuk mengevaluasinya. Simak info lebih detail di bawah ini!

5 Tahap Melakukan Set Goal untuk Mengembangkan Karier Anda
Set Goal

5 Tahapan Melakukan Set Goal yang Tepat

Dalam karier, setting goal ini sangatlah dibutuhkan agar memberikan dampak yang positif kepada Anda. Nah berikut beberapa tahap untuk membuat goal setting di dunia karier yang wajib diimplementasikan di kehidupan Anda. Tujuannya agar Anda harapan Anda bisa terwujud dengan mudah.

1. Tetapkan Tujuan Bekerja

Sebelum memulai karier, alangkah baiknya Anda memiliki tujuan kenapa harus bekerja. Buatlah tujuan dan visi jangka panjang yang mampu membangkitkan semangat kerja Anda tanpa hanya berfokus mengejar gaji.

Dengan adanya tujuan, Anda tidak akan bermalas-malasan yang justru dapat membuat kacau kehidupan Anda. Mulai saat ini, coba pikirkan apa tujuan hidup Anda dan apa tujuan Anda meraih pekerjaan atau karier yang Anda inginkan.

Goals

2. Gunakan Konsep SMART

Sebagai dari Anda mungkin masih asing dengan istilah SMART. Apa sih itu? Berikut adalah kepanjangan beserta deskripsinya:

  • Specific : buatlah tujuan yang jelas dan mendetail, agar memudahkan saat melaksanakan langkah untuk mewujudkan tujuan. Hal ini juga akan memastikan bahwa target dan tujuan Anda tidaklah melebar, sehingga Anda bisa lebih fokus ke satu tujuan
  • Measurable : buatlah tolak ukur untuk ketercapaian tujuan, agar Anda mempunyai alat ukur penilaian yang mampu menyatakan tercapai tidaknya tujuan Anda. Dengan adanya alat ukur ini, motivasi Anda akan tetap terjaga hingga mencapai tujuan.
  • Realistic : buatlah set goal yang wajar, yakni didasarkan pada minat, kemampuan dan adanya akses untuk dapat mencapai tujuan tersebut. Realistis ini bagaikan tujuan kecil yang menjadi tangga untuk mencapai tujuan besar.
  • Timely : tentukan juga tenggat waktu untuk mencapai tujuan yang telah Anda buat. Misalnya seminggu, sebulan atau setahun. Dengan adanya tenggat waktu ini akan menjadikan Anda semakin fokus dan serius dalam mewujudkan dan mencapai tujuan, jadi tidak menunda-nunda.
<a href="http://<a href='https://www.freepik.com/photos/flower'>Flower photo created by Waewkidja – www.freepik.comKonsep SMART

3. Membuat Rencana Menggapai Goal

Buatlah serangkaian rencana yang jelas dan mendetail sehingga mampu digunakan untuk menggapai tujuan. Hal ini digunakan sebagai pandangan Anda agar tidak kesulitan atau kebingungan saat mengimplementasikannya.

Selain itu, adanya rencana dapat menjaga motivasi Anda tetap kuat. Contohnya, Anda mempunyai goal untuk menurunkan berat badan. Maka Anda harus membuat rencana, misalnya setiap pagi jogging keliling lapangan, lalu sarapan makanan yang sehat, memakan sayur dan juga buah-buahan, memenuhi nutrisi, dan lain sebagainya.

4. Membuat Target Tertulis

Segala sesuatu yang tertulis akan selalu menempel di otak, sehingga Anda tidak akan mudah lupa dengan tujuan yang telah dibuat. Dalam menulisnya bukan hanya sekedar tulisan saja, tetapi berikanlah kata-kata yang mampu meningkatkan semangat Anda.

Contohnya yaitu dalam sebulan aku harus menghafal alquran 1 juz, dalam sehari aku harus meng-apply sepuluh lowongan kerja agar sebelum sebulan sudah memperoleh kerja, dan lain sebagainya.

Target Tertulis

5. Praktik dan Evaluasi

Jika semuanya telah tersusun dengan baik dan rapi, tahap yang paling akhir adalah mempraktikkannya. Anda harus memastikan kalau Anda telah melakukan sesuatu sesuai dengan rencana yang ada, supaya lebih mudah dalam mencapai tujuan. Jangan lupa untuk mengiringi dengan doa dan usaha agar pelaksanaannya lancar.

Segala sesuatunya pasti ada tahapan evaluasi, termasuk juga pada set goal ini. Setelah mempraktikkannya, lakukan evaluasi secara berkala, agar dapat teridentifikasi langkah mana yang belum terlaksana. Tahapan praktik dan evaluasi ini haruslah berkesinambungan agar tujuan dapat tercapai dengan cepat.

Evaluasi

Setiap orang memanglah memiliki cara berbeda-beda dalam menggapai mimpi, tujuan dan cita-cita mereka, ataupun melakukan perencanaan set goal ini. Lakukanlah goal setting ini dengan konsisten dan penuh semangat, agar tujuan Anda semakin dekat di depan Anda. Bagaimana, apakah Anda sudah merencanakan tujuan Anda secara mendetail? Semangat berjuang!

Referensi:

https://www.qubisa.com/article/merencanakan-goal-setting#showContent

https://www.senoworker.com/2020/10/pentingnya-goal-setting-dan-cara.html

Bagikan Artikel Ini

Table of Contents

Bagikan Artikel Ini

Lanjutkan Membaca

Temukan & cerna bacaan yang memperluas wawasan tentang Transformasi Digital Pendidikan