Android Developer: Tugas, Gaji, dan Keuntungan dari Profesi ini!

Table of Contents

Apakah Anda tertarik menjadi Android Developer profesional? Pekerjaan ini bertanggung jawab mengembangkan aplikasi mobile berbasis Android. Skill utama yang harus dikuasai disini adalah pemrograman dan tools Android.

Memilih pekerjaan di bidang IT memiliki peluang yang cukup menjanjikan di era digital ini. Karena Anda hanya perlu memanfaatkan teknologi untuk menghasilkan uang. Nah, salah satunya yaitu profesi Android Developer yang tugasnya sangat berkaitan dengan pengembangan aplikasi mobile. Maka tak heran jika ia juga menjadi bagian dari istilah Mobile Developer.

Sebab, sekarang ini smartphone mobile sudah sangat populer dimana saja yang dilengkapi sejumlah fitur pendukung canggih. Memang belum banyak yang menekuni profesi ini di Indonesia, namun dengan prospek yang bagus tentu akan semakin meningkat di masa mendatang. Agar semakin paham, ada baiknya yuk simak penjelasan berikut.

Software Engineer

Apa Saja Tugas Pokok Android Developer?

Developer Android merupakan orang yang mengemban tugas dalam membangun dan mengembangkan aplikasi software mobile menggunakan sistem operasi Android. Jadi, tugas utama dari profesi ini adalah mampu membuat aplikasi yang bisa dipakai pada berbagai jenis smartphone Android. Berikut rincian tugas dan tanggung jawab seorang Android Developer.

  1. Dapat merancang dan mendesain aplikasi Android

Seorang Android Developer harus dapat merancang dan mendesain tampilan awal hingga proses perilisan aplikasi kepada customer. Sehingga Anda harus memiliki skill di dunia pemrograman untuk mengerjakan software tersebut.

  1. Mampu bekerja sama dengan tim

Pada profesi ini Anda juga dituntut untuk bisa berkolaborasi dengan tim untuk menciptakan aplikasi mobile terbaik. Dengan bekerja sama, pastinya proses pengerjaan dapat dilakukan lebih cepat dan maksimal. Serta memudahkan pengerjaannya karena setiap individu bisa fokus pada bidangnya masing-masing.

  1. Harus mampu mengatasi berbagai bug atau kesalahan aplikasi

Nah, Anda juga perlu menguasai tentang cara mengatasi berbagai kesalahan suatu aplikasi sebelum diluncurkan. Tujuannya, agar produk yang sampai kepada konsumen nantinya dapat digunakan lancar tanpa ada kendala.

  1. Memahami penerapan sumber data eksternal dan API

Berikutnya, konsep penggunaan sumber data eksternal dan API juga perlu dipelajari oleh seorang Developer Android. Melalui penguasaan ini, Anda akan paham cara menerapkan berbagai fitur tambahan di aplikasi perangkat Android.

  1. Mempunyai konsep, ide, dan terobosan terkini

Tugas lainnya, Anda juga harus mampu mengikuti trend perkembangan teknologi terkini. Sehingga aplikasi Android yang Anda buat memiliki konten, fitur, dan tampilan terbaru yang menarik.

Berapa Besar Gaji Android Developer?

Selain memiliki prospek karir yang menjanjikan, gaji Developer Android juga tidak perlu diragukan karena pastinya cukup tinggi. Nah, umumnya gajinya ini disesuaikan dengan tingkatan, pengalaman, dan kemampuan kerja yang dimiliki oleh seorang Developer Android tersebut.

Berdasarkan data yang ada di situs lowongan kerja Indeed, rata-rata gaji Mobile Developer ini di Indonesia bisa mencapai Rp5,8 juta/bulan lho. Tentu, hal ini juga disesuaikan dengan tingkat UMR setiap daerah.

Namun, berbeda jika Anda bisa diterima kerja di perusahaan luar negeri karena memiliki tingkat gaji yang lebih besar. Bagi pemula saja gajinya dapat mencapai Rp10 juta dan bagi level menengah bahkan mencapai Rp 80 jutaan.

Jika dibandingkan dengan iOS Developer, gaji itu mungkin masih terpaut jauh. Akan tetapi Anda tak perlu pesimis karena kesempatan kerja di bidang itu sangatlah luas. Anda hanya perlu fokus mengembangkan aplikasi Android yang kreatif dan inovatif.

Apa Keuntungan Memilih Profesi Android Developer?

Terdapat beberapa keuntungan yang bisa Anda raih saat menekuni profesi Android Developer ini. Berikut kelima keuntungan yang wajib Anda ketahui.

  • Penghasilan tinggi

Keuntungan pertama yaitu Anda bisa mendapatkan penghasilan besar dari menggeluti profesi ini. Sebab, semakin banyak konsumen yang berminat menggunakan aplikasi Android tersebut dan semakin banyak aplikasi dipasarkan, maka pendapatannya akan makin besar.

  • Jam kerja fleksibel

Nah, buat Anda yang tidak ingin bekerja dengan dikekang waktu, pekerjaan ini sangat cocok. Ada banyak perusahaan yang membebaskan karyawannya di bidang ini untuk mengatur sendiri jam kerjanya. Bahkan, beberapa diantaranya membolehkan bekerja dimana saja sehingga mereka bisa memperoleh ide-ide baru pengembangan Android.

  • Kesempatan berkarir lebih luas

Menjadi seorang Developer Android berarti memiliki peluang bisa memikat banyak konsumen tak terhingga. Sehingga selain dibutuhkan di Indonesia, profesi ini juga sangat dicari di seluruh dunia. Oleh karena itu, kesempatan bekerja Anda terbuka sangat lebar.

Itulah beberapa informasi yang perlu Anda ketahui jika ingin menjadi seorang Android Developer yang handal. Nah, semakin tertarik bukan? Meskipun pekerjaan ini sangat menguras tenaga dan pikiran, namun sebanding dengan gaji yang didapatkan dan prospek kedepannya. Semoga bermanfaat!

Referensi:

Ramadhan, A. (2021). Android Developer : Gaji, Tugas, Keuntungan, dan Skill yang Diperlukan. morning.

Adani, M.R. (2020). Tertarik Menjadi Android Developer? Simak Skill dan Tugasnya. SekawanMedia.

Admin. (2021). Profesi Android Developer. jobskarir.id.

Adebayu97. (2020). Keuntungan jadi Android Developer di indonesia. kaskus.id.

Bagikan Artikel Ini

Table of Contents

Bagikan Artikel Ini

Lanjutkan Membaca

Temukan & cerna bacaan yang memperluas wawasan tentang Transformasi Digital Pendidikan