Dimasa pandemi ini, tentu heboh istilah remote working, namun banyak diantara kita yang belum menjalankan remote working secara efektif.

Tepat di bulan maret hingga juni ini, kita banyak  menjalankan aktivitas dari rumah mulai dari sekolah hingga aktivitas perkantoran. Pemerintah serentak untuk memberlakukan sistem remote working atau Work From Home a.k.a WFH di masa pandemi ini. Semua ini dilakukan untuk menekan penyebaran virus corona.

Dahulu, remote working hanya diberlakukan untuk para freelancer atau salah satu divisi di perusahaan yang memang tidak perlu untuk selalu hadir di kantor. Tapi di masa pandemi ini, remote working telah menjadi sebuah hal yang lumrah.

Lalu bagaimana sih caranya agar kita bisa tetap produktif bekerja secara remote di masa pandemi seperti saat ini? Berikut adalah tips nya

1. Pastikan Internet Stabil

Seperti yang kita tahu, internet menjadi sumber utama ketika kita ingin remote working. Selain internet yang stabil, kita juga perlu beberapa alat tempur lainya lho, seperti listrik, soket listrik yang banyak agar kerja makin maksimal. Komponen ini justru yang sering kita dapatkan ketika kita Work From Office, namun ketika peraturan pemerintah berganti haluan, mau gak mau kita harus memenuhi kebutuhan internet dan listrik yang maksimal ini di rumah kita.

Jangan sampai ketika ada jadwal meeting, kita malah kehabisan paket internet. Niat mau presentasi hasil kerja yang maksimal, jadi gagal karena lupa beli paket internet, huhu.. Jika sudah di tahap seperti ini, lebih baik kalian memasang internet di rumah, agar aman sentosa ketika akan meeting atau berbagai acara yang dilaksanakan melalui conference call a.k.a concall.

2. Komunikasi dan Koordinasi

Di beberapa kutipan yang menggelitik, ada sebuah quote yang berisi

“Suami idaman adalah mahasiswa lulusan komunikasi, karena kunci dalam suatu hubungan adalah komunikasi” 

Jika kunci dalam suatu hubungan adalah komunikasi, maka kunci dalam remote working pun, adalah komunikasi. Kenapa sih komunikasi ini sangat penting? Karena, kita bekerja dalam tim, jadi harus mampu mengkomunikasikan kerjaan kita dengan kerjaan orang lain. Apalagi jika kita bergerak dibidang teknologi atau digital, seperti Developer, mereka harus mengkordinasikan pekerjaan dengan baik kepada timnya, dan harus melakukan report secara berkala dengan melakukan meeting secara daily, maupun weekly.

Komunikasi adalah pangkal koordinasi, bagaimana kita mau berkoordinasi jika cara berkomunikasi kita saja masih tersendat, lambat respon, atau karena jaringan internet yang kurang mendukung. Sehingga kerja dalam tim terhambat karena satu orang saja, huhu..

Untuk hal komunikasi dan koordinasi seperti ini, kalian bisa menggunakan aplikasi meeting yang banyak digunakan oleh banyak orang, seperti Zoom, Google Meet, atau bisa menggunakan personal chat seperti WhatsApp.

Jadi ingat ya, komunikasi adalah pangkal koordinasi, hal terpenting ke 2 untuk remote working.

3. Tools yang dibutuhkan

Jika kamu selama work from home masih bingung untuk melaporkan pekerjaan yang sudah selesai menggunakan apa, kamu dan tim dapat menggunakan beberapa rekomendasi tools untuk optimasi kinerja selama remote working, diantaranya:

Untuk Task Magement : Trello, Airtable, dan Jira.

Komunikasi : Slack dan Email

Version Control: Git, Svn, dan SourceSafe

Untuk ketiga kategori Tool tersebut bisa banget bikin kalian semakin produktif kala remote working untuk kondisi seperti ini.

4. Ruang Kerja Yang Nyaman!

 

Tidak bisa dipungkiri lagi, ruang kerja yang nyaman akan membawa mood kerja yang baik juga. Apalagi jika kita mampu mengubah kamar yang memiliki ruang kerja seperti dikantor dengan kategori yang sangat nyaman. Saya yakin, kamu makin betah untuk work from home selamanya, hehe..

Hal pertama yang perlu kamu siapakan adalah ruang kosong, tambahkan sedikit meja dan kursi agar terlihat profesional ketika bekerja, beri aksen pensil case dan vas bunga untuk menambah kesegaran mata ketika bekerja. Jangan lupa, tambahin foto penyemangat kamu, bisa pacar, keluarga atau kalau misalkan kalian jomblo nih yaa.. jangan khawatir, pasang foto ayah dan ibu udah cukup membakar semangat ketika malas bekerja kok, hehe..

5. Optimasi Skill Kalian, Agar Semakin Level Up!

Banyak yang mengira jika work from home atau remote working, gak bisa mengoptimasi skill atau mengikuti beberapa seminar yang bisa makin level up. Ternyata hal ini sangat berbanding terbalik lho dengan keadaan sekarang, karena di masa pandemi seperti ini, semakin banyak perusahaan yang mengadakan Free Webinar bahkan memberikan diskon untuk yang ingin mengikuti course.

Misalnya, beberapa program dari Eudeka, yaitu smk.dev banyak sekali mengadakan beberapa Free webinar, untuk kalian yang ingin melihat tayangan ulang untuk webinar, bisa langsung akses ke Youtube Eudeka atau klik link disini

Selain itu, kamu juga bisa mengikuti program course kami yaitu Online Study Group (OSG), dengan sistem online seperti ini, akan memudahkan kamu untuk mengakses materinya, selain akses materi yang lifetime, disini kamu akan mendapat review dari expert langsung dari pakarnya, wah asyik banget yaa.

Nah, tips 5 efektif dalam remote working ini semoga bisa membantu kalian agar lebih produktif lagi dalam memulai Work From Home ya!