Menjadi Fresh Graduate memang senang bukan kepayang, hasil kamu kuliah selama 4 tahun ini menandakan kamu sudah berhasil melunaskan hutang sarjana kepada orang tuamu. Tapi kurang rasanya kalau semisalkan kamu sudah menjadi sarjana tapi belum memiliki pekerjaan, dan diberi label pengangguran? 

Lalu bagaimana jika nasibmu malah beruntung, langsung mendapatkan pekerjaan di perusahaan Dream Company? Eitss.. Tunggu dulu, kamu harus perhatiin hal ini agar kamu tidak dijuluki anak baru yang sombong. Yuk simak tips nya!

Memperkenalkan Diri

Menghadapi-Hari-Pertama Kerja Buat Kamu Yang Fresh Graduate ! Nomor 5 Wajib Kamu Lakukan

Source picture: www.unsplash.com

Menjadi anggota baru di kantor wajib buat kamu memperkenalkan diri dengan rekan kerja kamu, ini bukan berarti kamu hanya memperkenalkan diri dengan satu ruangan kamu saja. Melainkan dengan semuanya, agar kamu tidak di beri label ‘si sombong’.

Memang berat jika ini di lakukan dengan si intorvert, harus berhadapan di depan orang yang baru, dan harus memulai pembicaraan baru. Tapi, apa salahnya jika kamu mencoba hal ini?! Good luck yah untuk hari pertama kerja kamu~

Selalu Bertanya

Menghadapi Hari Pertama Kerja Buat Kamu Yang Fresh Graduate ! Nomor 5 Wajib Kamu Lakukan

Source picture: www.unsplash.com

Di posisi ini kamu menjadi anak baru, walaupun kamu memang udah handal dalam project ini. Kamu seenggaknya basa – basi bertanya dengan rekan kerja tentang hal ini. Anggap saja sebagai ajang mendapatkan teman di tempat kerja baru kamu, siapa tahu dengan kamu memulai hal ini bisa jadi dia adalah orang yang memiliki satu visi dan misi yang sama dengan kamu.

Untuk hal ini kamu jangan terlalu berlebihan dalam sesi bertanya alih-alih ingin ingin membuka pembicaraan, malah nanti kamu jadi si kepo, jadikan hari pertama kerja kamu mengesankan yah?! Jika beruntung, kamu bisa tuh dapetin gebetan bahkan calon istri tempat kerja, keuntungan yang berlipat ganda, bukan? hehe…

Ikut Makan Siang Bersama Teman Kantor

Menghadapi Hari Pertama Kerja Buat Kamu Yang Fresh Graduate ! Nomor 5 Wajib Kamu Lakukan

Source picture: www.unsplash.com

Hal ini sangat wajib dilakukan untuk kamu yang baru pertama kali saat hari pertama masuk kerja, sekadar basa-basi sambil mencoba memahami karakter teman kantor kamu. Baik satu tim ataupun beda tim. Lain cerita jika keuangan kamu sedang berada dititik terendah a.k.a bokek! Kamu bisa perhatikan teman kantor kamu yang ‘Tim Warteg’, ya ketika sudah gajian boleh lah hangout dengan ‘tim hedon’. Apapun kondisinya, kamu adalah orang yang paling tahu di tempat kerja baru.

Jangan Pernah Malu Memulai Pembicaraan Kepada Semua Orang

Menghadapi Hari Pertama Kerja Buat Kamu Yang Fresh Graduate ! Nomor 5 Wajib Kamu Lakukan

Source picture: www.unsplash.com 

Selain harus banyak bertanya, kamu juga perlu memulai percakapan dengan teman kantor mu. Jangan jadi bel yang kalau di pencet lalu bunyi ya. Kamu juga harus aktif! Agar kamu bisa cepat beradaptasi dengan orang-orang di sekelilingmu. Lagi-lagi ini adalah hal yang sangat sulit ya untuk si introvert, tapi bagian yang paling gampang untuk si extrovert untuk berbaur di tempat kerja baru.

3S! Salam Senyum Sapa

Menghadapi Hari Pertama Kerja Buat Kamu Yang Fresh Graduate ! Nomor 5 Wajib Kamu Lakukan

Source picture: www.unsplash.com

Salam Senyum Sapa, jargon ini memang sudah tidak diragukan lagi untuk kamu si anak baru. tapi trik 3S ini jangan sampai terlewat di awal kamu masuk kerja, siapkan mood kamu yang bagus. Alih-alih memiliki mood yang naik turun, jika kamu lupa memakai jurus ini, maka kamu akan mendapat julukan ‘si jutek’. Ada baiknya kamu bisa latihan di depan cermin sambil memasang wajah yang ceria, atau menyiapkan segudang bahan basa-basi agar hari pertama kerja kamu bisa lebih baik dan menyenangkan?


Selain kamu menguasai teknik di atas, jika kamu bekerja sebagai programmer, kamu juga harus punya skill yang bagus loh. Kamu bisa ikutan Online Study Group, jadi sambil bekerja di tempat baru, kamu bisa ikut pelatihan yang murah dan online.

Jadi kamu sudah siap memulai hari pertama masuk kerja? Semoga berhasil!