Hiruk pikuk masa pandemi belum berakhir, new normal mulai menjadi angin segar bagi sabagian orang karena bosan #DirumahAja, namun hal ini menjadi hal yang menakutkan bagi yang memiliki imunitas yang sangat rendah. Jangan khawatir, mungkin hal ini yang perlu kamu persiapkan untuk menunjang aktivitas kamu di new normal.

Mulai  15 Juni 2020, sebagian perusahaan dan wilayah di indonesia sudah membuka kantor untuk memulai era new normal, ketentuan ini justru masih bersifat opsional dan percobaan. Tidak memaksakan karyawan dan tim nya untuk bekerja ke kantor, karena beberapa orang yang masih mengalami paranoid akan pandemi ini. Dan beberapa karyawan yang sudah terlanjur pulang kampung sebelum masa pandemi ini. Selain itu beberapa perusahaan juga menggunakan pembagian jadwal untuk beberapa karyawan yang ingin masuk kantor, sehingga tetap menggunakan protokol kesehatan untuk menjaga jarak dengan minimal 1 meter.

Ada beberapa peraturan yang harus kamu patuhi ketika memulai era new normal, seperti menjaga daya tahan tubuh dan kebersihan tubuh perlu diperhatikan. Hal ini dilakukan untuk kepentingan bersama. Lalu hal apa aja sih yang harus kita persiapkan jika sudah memulai masuk kantor di fase new normal?

#1 Masker dan Hand Sainitizer

Hal yang wajib dibawa ketika new normal berlangsung

Hal yang wajib dibawa | Photo by Tai’s Captures on Unsplash

Seperti yang sudah di bahas dalam artikel 5 cara mudah menghadapi virus corona bahwa menggunakan makser hand sainitizer  adalah komponen yang sangat penting ketika sedang pergi keluar rumah. Begitu pula jika kita akan memulai bekerja di era new normal seperti saat ini. Tak perlu masker medis yang sekali buang, kamu hanya perlu membeli masker kain yang bisa di cuci berulang kali, agar bisa lebih hemat.

#2 Helm Pribadi, Jaket Serta Sarung Tangan

Stater kit jika naik ojek online | Photo by Jusdevoyage on Unsplash

Tidak bisa dipungkiri jika berangkat ke kantor di masa pandemi seperti ini memang lebih aman jika menggunakan kendaraan pribadi. Lantas bagaimana nasib para ojekers? Jangan berkecil hati, kamu cukup membawa jaket, dan helem. Serta tambahan penting untuk memakai sarung tangan, jangan lupa kamu harus memastikan ojek yang kamu naiki sudah bersih ya?

Untuk pembayarannya, kamu bisa menggunakan cashless agar terhindar dari virus.

#3 Membawa Alat Makan Sendiri

Seperti yang kita tahu, dimasa pandemi seperti ini sangat lah harus menjaga kebersihan dan kesehatan nya. Selain mengkonsumsi makanan sehat dan minum air mineral yang cukup. Kamu juga perlu membawa alat makan dan tempat minum sendiri. Di masa seperti ini, disarankan untuk membawa segala perlengkapan pribadi sendiri, tujuannya adalah untuk menjaga kenyamanan bersama. Jika memang memungkinkan kamu sekaligus membawa bekal makanan yang telah kamu masak dirumah. Selain lezat dan bergizi, porsinya pun pas dan sesuai dengan kebutuhan kamu.

Jadi, hari ini kamu bekal makan siang apa?

#4 Membawa Perlengkapan Ibadah Sendiri

 

Seperti yang kita tahu, bahwa sebelumnya kita melalui masa lock down atau karantina mandiri sebelum akhirnya aktivitas berubah menjadi normal kembali, namun harus menggunakan protokol kesehatan. Begitupula dengan masjid dan tempat ibadah di kantor. Rata-rata pihak kantor ataupun masjid belum mau menyediakan fasilitasnya untuk umum, meningat covid19 ini bisa menular melalui udara, dan virusnya akan menempel dimana saja kecuali kita mencucinya.

Demi kenyamanan bersama, kamu seharusnya membawa alat ibadah sendiri. Mulai dari mukena, sajadah, dan Quran. Hal ini bisa meminimalisir penularan covid19 jika kamu memakai fasilitas umum yang semua orang bisa memakainya. Jangan lupa, dicuci kembali jika kamu sudah selesai menggunakan ketika sampai rumah ya..

#5 Bersihkan Gadget Secara Berkala dan Cuci Baju Ketika Sampai Rumah

 

Gadget bisa dibilang menjadi media penularan covid19, karena gadget, khususnya ponsel yang selalu kita bawa kemana pun dan kapan pun. Tanpa kita sadari, hal ini yang akan bisa menularkan virus, selain itu kabarnya ponsel bisa menyimpan ratusan bakteri jika kita tidak membersihkan nya secara berkala. Jika kamu adalah seseorang yang mengharuskan membawa gadget ke kantor. Ponsel, ipad, dan laptop. Sudah seharusnya jika sepulang dari kantor, kamu bisa membersihkan nya dengan menggunakan tisu basah atau menyemprotkan desinfektan ke arah gadget.

Tak lupa, aksesoris seperti jam tangan juga perlu kamu bersihkan ya? Setelah itu, mandi dan mencuci semua baju yang telah kamu gunakan seharian di kantor.

Jadi, kamu sudah siap untuk masuk ke kantor hari ini?