Gap kompetensi antara lulusan perguruan tinggi dengan kebutuhan industri masih besar. Hal ini ditandai dengan masih tingginya angka pengangguran dari lulusan perguruan tinggi. Untuk mengatasi hal ini, perguruan tinggi perlu berinovasi pada kurikulumnya. Inovasi ini tidak semata soal konten tapi juga cara penyampaian perkuliahan kepada mahasiswa.

Implementasi dari inovasi kurikulum ini bisa diterapkan pada program studi atau jurusan teknik informatika, ilmu komputer dan sistem informasi. Salah satu inovasinya yang bisa diterapkan adalah menjalin kolaborasi dengan pelaku industri IT di mata kuliah yang disampaikan. 

Pelaku industri IT dapat berkontribusi dengan memberikan real case project yang telah dikerjakan di industri. Hal ini akan membuka wawasan mahasiswa, bagaimana implementasi nyata dari teori yang mereka dapatkan dari dosennya.

Universitas Sriwijaya adalah salah satu perguruan tinggi yang telah berinovasi dengan perkuliahannya. Salah satunya adalah perkuliahan Pemrograman Bergerak yang diajarkan oleh Rahmat Izwan Heroza, telah menjalin kolaborasi dengan Eudeka. Mahasiswa yang mengambil mata kuliah ini, akan mengerjakan proyek yang berkaitan dengan mata kuliah tersebut.

Project-Based Learning dari Eudeka

Dalam kerjasamanya dengan Unsri, Eudeka menyediakan sekitar 13 judul proyek aplikasi bergerak berbasis android yang akan dikerjakan oleh mahasiswa. Proyek-proyek ini diberi istilah capstone project. Eudeka juga memberikan bimbingan langsung kepada mahasiswa secara daring agar mahasiswa mampu memahami setiap proyek tersebut dan dapat mengerjakannya hingga tuntas.

120-an mahasiswa yang mengambil mata kuliah ini dibagi dalam kelompok kecil yang beranggotakan 3 hingga 4 orang. Setiap kelompok ini akan mendapatkan 1 judul proyek aplikasi yang akan dikerjakan selama 1 semester perkuliahan. Untuk membimbing mahasiswa, Eudeka melaksanakan 4 kali pertemuan daring untuk membahas capstone project tersebut. Jika dirasa kurang, mahasiswa dapat berkonsultasi kapanpun dengan tim Eudeka melalui platform Google Classroom untuk berdiskusi tentang kesulitan yang dihadapi selama mengerjakan proyek. 

Tidak hanya kemampuan coding, selama pengerjaan capstone project ini, mahasiswa juga dibekali dengan pengetahuan tentang project management yang biasa digunakan di industri. Dan, tidak kalah pentingnya, semua proses bimbingan dan mentoring capstone project disampaikan oleh tim Eudeka yang telah memiliki Google Certified Educator dan telah berpengalaman dalam berbagai proyek pengembangan aplikasi android.

Selain hard skill, Eudeka juga membimbing mahasiswa agar mereka mampu bekerjasama dengan anggota tim untuk menyelesaikan proyeknya. Dan di akhir perkuliahan, tim dengan hasil pengerjaan proyek terbaik akan berkesempatan mempresentasikan karyanya di hadapan mahasiswa lain dan expert dari industri IT yang dihadirkan Eudeka. Dengan begitu, mahasiswa dapat melatih soft skillnya dan juga mendapatkan feedback yang bermanfaat untuk mendukung karirnya kelak di dunia IT.

Rahmat Izwan Heroza memberikan sambutan ketika pembukaan perkuliahan online

Jalannya Perkuliahan

Pada sesi perkuliahan pertama untuk bimbingan capstone project, mahasiswa terlebih dahulu diberi wawasan bagaimana seorang software engineer berkarir di industri IT. Dan di akhir sesi, mentor dari Eudeka memberikan pengarahan tentang judul-judul capstone project yang dapat dikerjakan oleh mahasiswa.

Pada perkuliahan kedua, mentor dari Eudeka membahas perkembangan dari project yang telah dikerjakan oleh mahasiswa. Perlu diketahui, bahwa semua capstone project dikerjakan dengan tool GitHub. Hal ini memudahkan mentor untuk melakukan review terhadap coding yang dilakukan mahasiswa. Pada sesi ini, mentor juga mencoba membahas lebih dalam tentang data static dan RecyclerView untuk menambah wawasan mahasiswa.

Pada pertemuan ketiga, mentor Eudeka mengenalkan mahasiswa tentang parsing data menggunakan JSON di android. Selain memberi materi, mentor Eudeka juga melakukan live review terhadap salah satu capstone project yang dikerjakan mahasiswa. Hal ini bermanfaat agar mahasiswa mendapat masukan berharga dari progress proyek yang dikerjakannya.

Untuk mendukung capstone project ini, Eudeka juga mempersiapkan seluruh materi untuk dipelajari oleh mahasiswa berupa repository dari GitHub, medium dll. 

Contoh materi perkuliahan yang di berikan oleh Eudeka

  

Tentang Eudeka

Eudeka adalah lembaga pelatihan di bidang teknologi dan informasi yang diinisiasi oleh GITS Indonesia, salah satu Google Certified Agency, yang memiliki pengalaman selama 12 tahun dalam pengembangan aplikasi bergerak.

Jika perguruan tinggi Anda tertarik untuk bekerjasama dengan Eudeka, silahkan berdiskusi dengan kami melalui email ke [email protected]