Kehadiran Chromebook mulai menyaingi pamor laptop biasa. Di era digital, pilihan – pilihan seperti ini sering kali membuat dilema. Apakah setiap ada teknologi yang baru kita perlu beralih? Tentu saja jawabannya “depending on….” Untuk itulah, sebelum beralih menggunakan Chromebook atau justru setia dengan laptop biasa, Anda perlu tahu kelebihan dan kekurangannya masaing – masing. 

Memahami Kelebihan dan Kekurangan Chromebook

photo 1522202222206 b75023c48f4f

Masing-masing produk memiliki kelebihan dan kekurangan. Pada dasarnya kedua produk ini sama – sama menunjang produktivitas sehari-hari. Bedanya, Chromebook merupakan bagian dari jenis laptop dengan nuansa baru. 

Laptop dengan interface yang sesimpel smartphone Android akan menjadi trend device baru di masa mendatang. Bayangkan, Anda mendapatkan tampilan ala smartphone dengan fitur selengkap laptop. Menarik, bukan?

Selain itu, Chromebook dapat menjadi alternatif pilihan bagi masyarakat yang ingin memiliki laptop dengan akses internet lebih baik dengan harga yang juga lebih terjangkau. 

Chromebook vs Laptop untuk Produktivitas

photo 1522202773758 7622dc42a833

Terdapat banyak kelebihan dari Chromebook, khususnya untuk kegiatan belajar daring yang sudah menjelma menjadi lifestyle masyarakat saat ini. Kelebihan tersebut di antaranya sebagai berikut:

Dibangun oleh Google

photo 1529612700005 e35377bf1415

Berbeda dengan laptop yang umumnya menggunakan windows atau mac OS, Chromebook didasari oleh Chrome OS, sistem operasi dari Google. 

Sementara Google, sudah menjelma menjadi situs pencarian raksasa yang digunakan oleh banyak negara, termasuk di Indonesia.

Kehadiran teknologi Google inilah yang membuat pemakaiannya akan terasa lebih nyaman. Kegiatan sehari-hari seperti saat belajar dan mengerjakan tugas pun lebih maksimal. 

Kegiatan Browsing Lebih Lancar

photo 1501250987900 211872d97eaa

Karena memiliki basic teknologi Google, Chromebook akan membantu Anda lebih lancar dalam melakukan browsing. Bahkan ketika tidak ada akses internet pun, banyak fitur dari Google yang membantu membuat Anda mendapatkan apa yang Anda cari.

Selain itu, data dan informasi yang diberikan oleh Google lebih tepat, serta akurat. Contohnya pada fitur Google Feed yang senantiasa update data terkini, sehingga data ataupun informasi yang diberikan merupakan informasi paling baru, mengikuti perkembangan yang ada.

Memiliki Banyak Fitur Spesial

seluruh chromebook 2017 akan dapat mengakses aplikasi android zHx thumb

Chromebook memiliki kelebihan pada fitur-fitur dari Google yang bermanfaat dan memberi banyak keuntungan bagi penggunanya. Saat kemunculan awalnya Chromebook muncul, ketersediaan fitur memang cukup terbatas dan hanya bisa akses aplikasi milik Google.

Tetapi saat ini sudah bisa mengakses lebih banyak fitur dan aplikasi. Chromebook tidak hanya menyediakan fitur spesial khas Google. Kini Anda juga bisa mengunduh aplikasi yang serupa di Windows, seperti  Corel Draw dan Microsoft Office.

Penyimpanan Data Lebih Terjamin

acer chromebook111

Kelebihan lainnya terletak pada sistem penyimpanan yang menjadi fitur penting milik Chromebook. Meski besar memori internal dan RAM dari produk satu ini cenderung lebih kecil dibandingkan laptop, namun mampu memproses data sama banyaknya.

Fitur Google Drive dengan besar memori penyimpanan hingga 100 GB pun bisa Anda nikmati. Menyimpan data pada aplikasi tersebut lebih aman dan mudah. Termasuk dalam hal pengolahan data.

Baterai Cenderung Awet

photo 1586436007886 7c708d868637

Kelebihan yang ada pada Chromebook lainnya adalah pada bagian daya baterai. Karena fitur dan aplikasinya lebih terbatas dan pengoperasiannya lebih efisien, penggunaan baterai pun jadi lebih hemat.

Sebagian besar produk-produk Chromebook memiliki daya baterai yang mencapai 9-10 jam dalam pemakaiannya. Cocok untuk mahasiswa yang harus standby mengerjakan tugas atau skripsi.

Harga yang Terjangkau

Chromebook juga memiliki kelebihan tersendiri dalam hal harga. Umumnya produk ini dipasarkan lebih terjangkau daripada harga laptop sejenis. Harga yang terjangkau itu, berhubungan dengan teknologi yang diciptakan lebih efisien sehingga mampu memaksimalkan fungsi Chromebook.

Memilih Produk Chromebook yang Penuhi Kebutuhan

photo 1531545514256 b1400bc00f31

Terdapat banyak ragam produk Chromebook yang bisa Anda temui di pasaran. Masing-masing menghadirkan fitur yang bisa sesuai dengan kebutuhan Anda. Mulai dari penggunaan untuk sekolah daring, mengerjakan tugas kuliah, sampai kegiatan di kantor.

Dari segi ukuran dan bentuk fisik, Chromebook memiliki kekuatan body yang dinilai sangat baik, ringan, serta memiliki ukuran yang pas bagi semua kalangan usia. 

Tips terakhir, saat memilih Chromebook vs laptop pertimbangkan manfaat yang sesuai dengan kebutuhan produktivitas Anda sehari – hari, ya.

Optimalkan penggunaan Google for Education dan Akun Belajar.id di sekolah dengan dukungan Chromebook. Info lebih lanjut dan penawaran menarik Chromebook untuk sekolah, silahkan hubungi kami melalui email atau klik link berikut ini. Eudeka adalah bagian dari GITS Indonesia, Google Cloud Partner, untuk pendidikan.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini