Ini Profesi IT yang Paling Banyak Dicari dan Dibutuhkan

Table of Contents

Di tengah perkembangan teknologi seperti saat ini, terdapat peluang-peluang baru di dunia kerja. Salah satu pekerjaan yang saat ini memiliki peluang sangat menjanjikan adalah profesi IT atau teknologi informasi.

Buat Anda yang tertarik dengan profesi satu ini, pasti ingin tahu profesi IT apa saja yang saat ini banyak dicari, bukan? Berikut 10 profesi IT yang saat ini banyak dicari:

  1. Software Developer

Profesi IT pertama yang paling banyak dicari dan dibutuhkan adalah software developer. Alasan profesi satu ini paling banyak dicari dan dibutuhkan adalah dikarenakan hampir semua perusahaan membutuhkan jasa software developer ini. 

Seorang software developer memiliki tugas-tugas antara lain melakukan riset, mendesain, melakukan implementasi hingga pengujian terhadap sistem dan juga software itu sendiri. Software developer ini dibutuhkan untuk berbagai jenis perusahaan mulai dari software absensi, software akuntansi, dan lainnya.

Nah kira-kira kemampuan apa saja nih yang dibutuhkan untuk menjadi seorang software developer ini?

  • Struktur data dan algoritma
  • Cloud computing skill
  • Bahasa pemrograman
  • Git dan github
  • Containers
  • VIM
  • IDEs
  • Database dan SQL
  • Linux
  • OOP
  • Computer network
  • Scripting
  1. Cloud Engineer

Menurut situs web CRN menyatakan bahwa Komputasi awan (cloud computing) menjadi semakin penting bagi perusahaan di seluruh negeri, menurut data pekerjaan baru dari Indeed.com, pekerjaan komputasi awan (cloud computing) tumbuh sebesar 42 persen antara Maret 2018 dan Maret 2021. (Haranas, 2021).

Dengan meningkatnya popularitas komputasi awan, semakin banyak perusahaan yang memilih pendekatan hibrida untuk operasi bisnisnya. Insinyur cloud (cloud engineer) akan mengembangkan opsi dalam skala yang merupakan campuran antara teknologi internal dan layanan pihak ketiga – Google Cloud Platform, AWS atau Azure. (Ansary, 2020).

Salah satu keahlian yang akan sangat dibutuhkan pada tahun 2022 adalah komputasi awan (Cloud computing), terutama konfigurasi, penerapan, keamanan, dan pemecahan masalah untuk layanan berbasis cloud.

Berdasarkan laporan dari Linux Foundation, 2021 Open Source Jobs Report, skill cloud-native semakin diminati daripada disiplin teknis lainnya. Hampir setengah (46%) manajer perekrutan (HRD manager) mencari talent yang memiliki keterampilan teknologi cloud dan kontainer, menjadikannya keterampilan yang paling banyak diminati oleh manajer perekrutan, diikuti oleh keterampilan Linux.

  1. System Analyst

Selain dua pekerjaan IT yang telah disebutkan di atas, ada juga bagian dari profesi IT yang juga banyak dicari dan dibutuhkan yakni system analyst. System analyst merupakan profesi IT yang menjadi penengah antara pemilik bisnis dengan tim IT. System analyst akan mendefinisikan kebutuhan user tentang aplikasi atau software yang dibutuhkan sehingga tim IT dapat mewujudkan software atau aplikasi sesuai kebutuhan user tersebut.

Pekerjaan system analyst akan membuat Anda bertemu dengan banyak orang dan sangat cocok bagi Anda yang membutuhkan pekerjaan yang fleksibel. Anda akan mendapatkan pekerjaan untuk memeriksa sistem ataupun model bisnis yang telah ada sebelumnya, kemudian dari sini Anda dapat mengembangkan produk, mengimplementasikan, hingga melakukan pengujian sistem sebelum digunakan oleh user.

  1. Database Administrator

Database administrator jadi pekerjaan di bidang IT yang hampir selalu dibutuhkan dalam bidang pemrograman. Database administrator ini bertugas untuk mendesain, memperbaiki, dan memelihara database sehingga semuanya dapat berjalan dengan baik saat diakses oleh user.

Untuk menjadi seorang database administrator Anda harus memiliki skill antara lain AS Acces, SQL Server, Oracle, FoxPro, Paradox, Linux OS, Windows OS, PHP, HTML, dan lainnya.

  1. Mobile App Developer

Dengan munculnya smartphone dan tablet, jumlah orang yang menggunakan aplikasi seluler telah meningkat secara dramatis. Akibatnya, permintaan untuk pengembang aplikasi seluler meningkat secara signifikan.

  1. Project Manager

Manajemen dan perencanaan proyek penting untuk bisnis apa pun saat ini. Itu bahkan lebih penting bagi perusahaan yang ingin sukses di masa depan.

Karena semakin banyak CIO yang bergerak menuju pengembangan agile (agile developement), mereka membutuhkan orang-orang dengan keterampilan teknis dan bisnis untuk membawa teknologi berdampak tinggi ke pasar (market).

Skill yang dibutuhkan untuk profesi ini yaitu, diantaranya: Manajemen Produk, Alat manajemen (management Tools) seperti PivotalTracjer, Keterampilan analitis yang kuat, Memahami dan mewakili kebutuhan pengguna, Mendefinisikan visi untuk suatu produk

  1. AI engineer

Untuk menjadi seorang insinyur AI (AI Engineer), Anda harus mampu mengembangkan dan memelihara aplikasi AI, memahami pemrograman, rekayasa perangkat lunak (software engineering), dan ilmu data (Data science).

Jadi, skill yang dibutuhkan memiliki keterampilan yang kuat dalam matematika, statistik, dan pemrograman, seperti Python, Tensorflow, machine learning, neural network, pengembangan REST APIs.

  1. DevOps Engineer

Sebagai seorang insinyur DevOps, dia membantu dan menjaga tim pengembangan dalam hal deployment dan network operation.

Seorang insinyur DevOps bekerja dengan tim pengembangan untuk menangani deployment dan operasi jaringan (network operation) selama proses pengembangan.

Beberapa keahlian DevOps Engineer termasuk: Pengkodean dan skrip (coding and script), Git dan Jenkins, Terampil dalam sistem operasi Linux atau UNIX, Keterampilan komunikasi dan interpersonal yang kuat, Pemahaman mendalam tentang praktik terbaik DevOps.

  1. Data Scientiest

Aljabar linier, kalkulus, Visualisasi data, Pengkodean (coding), data wrangling, machine learning, deep learning merupakan skill yang dibutuhkan untuk menjadi seorang data scientiest (ilmuwan data).

Data Scientiest (Ilmuwan data) adalah posisi yang relatif baru dan berkembang pesat karena tingginya permintaan akan data besar.

  1. Web Developer

Membahas pekerjaan IT tidak lengkap jika tidak membahas web developer. Web developer merupakan profesi yang membuat website untuk berbagai kebutuhan, baik untuk bisnis ataupun untuk instansi atau lembaga. Nah, web developer ini dibagi menjadi beberapa bagian, yaitu:

  1. Frontend Developer

Front end developer merupakan bagian dari web developer yang bertugas membangun interface website agar mudah digunakan oleh user. Bisa dibilang frontend developer adalah orang yang bertugas terhadap tatanan website yang akan dilihat langsung oleh user atau depan layar website. Untuk menjadi frontend developer, Anda harus memiliki kemampuan antara lain HTML, CSS, dan JavaScript.

  1. Backend Developer

Selain frontend developer, ada juga backend developer. Jika frontend developer bertugas dengan layar depan website, backend developer adalah mereka yang bertugas di belakang layar. Backend ini bertugas pada bagian scripting, mengolah database, dan juga server. Untuk menjadi seorang backend developer, skill yang Anda harus miliki adalah PHP, Framework, Python, Node JS, C#, JavaScript, dan lainnya. 

  1. Full Stuck Developer

Selain dua pekerjaan IT dibidang web developer di atas, ada juga Full Stuck Developer. Profesi IT ini adalah gabungan antara frontend developer dan backend developer. Jadi, jika Anda tertarik menjadi Full Stuck Developer, Anda harus menguasai skill yang dimiliki oleh frontend developer dan backend developer.

Kesimpulan

Itulah tadi penjelasan mengenai 10 profesi IT yang paling banyak dicari dan dibutuhkan. Jadi, mana nih profesi IT yang ingin Anda pilih sebagai pekerjaan Anda?

https://www.itresourcescorp.com/the-11-most-in-demand-tech-jobs-for-2022-itr/

Overby, S. (2022). IT careers: 5 flourishing and 4 fading IT skills for 2022. The Enterprises Project. https://enterprisersproject.com/article/2022/1/it-careers-5-flourishing-and-4-fading-it-skills-2022

George., M. (2022). 35 Important In-Demand IT Skills for 2022. ExitCertified.

Featured Image. Foto oleh Canva Studio dari Pexels

Bagikan Artikel Ini

Table of Contents

Bagikan Artikel Ini

Lanjutkan Membaca

Temukan & cerna bacaan yang memperluas wawasan tentang Transformasi Digital Pendidikan