Keuntungan Informatika Menjadi Kurikulum Wajib di Jenjang Pendidikan SMP 

Table of Contents

Belakangan ini, ramai terdengar isu mata pelajaran informatika menjadi kurikulum wajib di jenjang pendidikan SMP. Hal ini cukup mengundang pro dan kontra di mana penambahan mata pelajaran wajib ini diikuti dengan isu penghapusan mata pelajaran sejarah.

Informatika menjadi kurikulum wajib di jenjang pendidikan SMP
classroom

Dewasa ini perkembangan teknologi terutama di bidang komputer semakin menunjukkan hasilnya. Oleh karena itu, kemampuan mengoperasikan komputer menjadi perhatian penting. Penambahan mata pelajaran informatika menjadi kurikulum wajib di jenjang pendidikan SMP adalah langkah awal yang bagus untuk membiasakan generasi bangsa dengan teknologi.

“Apa yang berubah dengan Kurikulum Merdeka di SMP?

Mata pelajaran Informatika menjadi mata pelajaran wajib, sedangkan mata pelajaran Prakarya menjadi salah satu pilihan bersama mata pelajaran Seni (Seni Musik, Seni Tari, Seni Rupa, Seni Teater). “ (Ditpsd Kemendikbud, 2022).

“Kurikulum Merdeka diterapkan secara opsional lantaran penerapan secara nasional baru akan dilakukan pada tahun 2024. Dengan demikian, dalam jangka waktu tiga tahun tersebut diharapkan terjadi perbaikan dalam penerapan kurikulum ini.” (Fauzia, 2022).

Melek teknologi adalah hal yang harus dimiliki oleh generasi muda saat ini, bahkan di era mendatang. Hal ini dikarenakan era digital terus berkembang pesat seiring dengan munculnya trend baru dalam dunia teknologi, apalagi hampir berbagai kegiatan sudah bisa dijalankan secara virtual. Itu mengapa perlunya bekal ilmu informatika agar siswa dapat mempersiapkan diri dalam menghadapi dunia yang lebih bergengsi ini.

Female students

Keuntungan Informatika menjadi Kurikulum Wajib SMP

Mata pelajaran informatika menyajikan materi-materi yang cukup kompleks dan sesuai dengan kondisi di era digital seperti saat ini. Lantas, berikut adalah keuntungan atau bisa juga dikatakan sebagai alasan yang menjadikan mata pelajaran informatika penting untuk ditambahkan dalam kurikulum jenjang SMP:

1. Peka terhadap Perkembangan Teknologi

Tentunya Anda sudah pernah mendengar, bahwa masyarakat digital saat ini sedang menuju era society 5.0 di mana persaingan teknologi canggih secara global bukan hal baru lagi. Kunci menghadapi perubahan yang terjadi selama era 5.0 adalah manusia yang harus ikut serta dalam perkembangan teknologi.

Nah, mata pelajaran informatika secara tidak langsung membantu siswa SMP peka terhadap laju perkembangan teknologi yang semakin pesat. Hal ini akan membantu siswa menghadapi perubahan berskala global dengan berinovasi mengembangkan penemuan terbaru yang berguna bagi orang banyak.

Dengan penambahan mata pelajaran informatika, siswa dilatih untuk menguasai sejumlah keterampilan komputer yang baik. Inilah alasan yang mendasari pelajaran informatika menjadi bekal wajib siswa agar bisa bersaing di dunia kerja.

2. Peluang Mendapatkan Penghasilan

Alasan siswa SMP harus mahir komputer adalah memberikan peluang untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Jika Anda memiliki skill desain grafis, mengelola website, mahir program pengolahan kata, dan skill komputer lainnya, hal itu bisa menjadi peluang mengumpulkan pundi-pundi rupiah.

Oleh karena itu, sejak dini Anda harus rajin belajar dan melatih skill yang Anda minati, yang tentunya masih berkaitan dengan dunia digital.

3. Meningkatkan Kreativitas

Tentu setiap siswa diharuskan lebih kreatif dan inovatif dalam segala hal, termasuk dalam kemampuan mengeksplor komputer. Bahkan dengan mahir komputer, secara tidak langsung Anda tidak perlu repot mengeluarkan biaya untuk membayar jasa orang lain, karena bisa dikerjakan sendiri.

Mata pelajaran informatika juga akan mengubah cara berpikir siswa agar dapat menemukan ide-ide baru yang kreatif. Selain itu, siswa juga dapat bekerja sama dan bertukar pikiran dengan teman-temannya untuk menciptakan ide-ide baru yang lebih besar lagi. Dengan demikian, informatika memberikan keuntungan bagi siswa dalam meningkatkan kreativitas mereka.

4. Bekal Mencari Pekerjaan

Dalam dunia kerja, komputer adalah perangkat wajib yang dibutuhkan untuk memudahkan segala aktivitas pekerjaan. Itulah mengapa orang-orang dituntut mahir komputer sejak dini. Belajar mengoperasikan komputer pun tidak perlu kursus yang mahal, karena. Anda bisa belajar sendiri dengan berbagai artikel atau video tutorial di internet.

5. Membantu Berpikir Kritis

Berpikir kritis adalah hal utama yang membentuk pribadi seorang siswa yang memiliki rasa ingin tahu akan hal-hal baru. Dalam rencana penambahan pelajaran informatika menjadi kurikulum wajib di jenjang SMP ini, pada dasarnya untuk melatih siswa berpikir kritis dalam bidang komputasi.

Di dalam berpikir kritis di bidang komputasi sendiri terbagi dalam empat pilar, yaitu dekomposisi, abstraksi, pengenalan pola dan algoritma. Dengan menguasai keempatnya, siswa akan terbiasa berpikir lebih kritis dalam memecahkan suatu masalah.

6. Membiasakan Bekerja dengan Terstruktur

Nah, keuntungan berikutnya dari belajar informatika adalah membuat siswa terbiasa bekerja dengan teliti dan terstruktur. Hal ini bisa terjadi, di mana saat menjalankan komputer pasti terdapat algoritma untuk memecahkan masalah pemrograman komputer.

Nah, dalam ilmu komputer, algoritma adalah sebuah prosedur langkah demi langkah untuk proses penghitungan yang sistematis. Untuk mempermudah penyelesaian suatu masalah. seorang programmer harus berfikir kritis dan logis dalam satu waktu.

Itulah alasan serta keuntungan dari rencana penambahan informatika menjadi kurikulum wajib di jenjang pendidikan SMP. Melihat informatika sangat penting untuk menghadapi persaingan global yang sangat ketat, perlu adanya dukungan dari semua pihak terkait. Dengan begitu harapan siswa dengan skill computer mumpuni bisa terwujud.

students

Referensi :

Informatika jadi pelajaran wajib apa untungnya

6 Alasan Mahasiswa harus mahir komputer di zaman modern

Mengapa Penting Untuk Belajar Teknik Informatika

Inilah Alasan Mengapa Belajar Informatika dan Komputer sekarang itu Menguntungkan

Dipts.kemendikbud.go.id. (2022). Buku Saku Tanya Jawab Kurikulum Merdeka

Fauzi, M. (2022). Kurikulum Merdeka pelajaran IPA-IPS SD digabung Informatika jadi mapel wajib SMP. Kompas.com

Bagikan Artikel Ini

Table of Contents

Bagikan Artikel Ini

Lanjutkan Membaca

Temukan & cerna bacaan yang memperluas wawasan tentang Transformasi Digital Pendidikan