Manajemen Waktu Dengan Clockify

Table of Contents

Ketrampilan manajemen waktu merupakan salah satu keterampilan penting yang mungkin harus kamu utamakan untuk dikuasai. Ini akan membantu kamu memanfaatkan waktu sebaik-baiknya, yang berarti kamu akan dapat beraktivitas, bekerja, atau belajar lebih baik dengan sedikit tekanan / tanpa stress.

Waktu adalah satu-satunya hal yang tidak dapat kita pulihkan jika waktu sudah berlalu dengan cepat. Ini juga merupakan sumber daya terbatas yang harus kita kelola dengan hati-hati dan efektif, baik kamu sedang bekerja mengelola banyak klien, terlalu banyak bekerja, kamu sedang menjadi seorang pelajar/mahasiswa atau hanya tertarik untuk mempelajari cara melakukan sesuatu dengan lebih efektif, ada banyak cara untuk mengatur waktu kamu dengan lebih baik.

Tanpa ragu, waktu adalah sumber daya paling berharga yang kita miliki. Bahkan, waktu dapat dianggap sebagai aset. Jika kamu tidak tidak menghabiskan waktu kamu secara efektif, kamu akan kehilangan uang dan kesempatan yang berharga. Kamu harus mengatur waktu kamu jika kamu ingin maju dalam hidup dan bisnis ataupun dalam pekerjaan profesional yang kamu miliki.
Kiat-kiat berikut akan membantu kamu menjadi lebih baik dalam mengatur waktu kamu:

Kamu bisa mulai membuat hasil akhirnya seperti apa yang kamu inginkan dan kemudian rencanakan mundur dari sana.

Apa yang akan dipelajari?

  • Apa itu Manajemen Waktu? 
  • Mengapa keahlian manajemen waktu penting?
  • Bagaimana cara manajemen waktu?
  • Mengenal Tool Tracking Time Clockify.me

Apa Itu Manajemen Waktu?

Manajemen waktu adalah proses perencanaan dan pelaksanaan kegiatan/aktivitas yang dikendalikan secara sadar, terutama untuk meningkatkan efektivitas, efisiensi, dan produktivitas.(wikipedia).

Apa itu manajemen waktu? Manajemen waktu adalah proses secara sadar merencanakan dan menggunakan waktu yang kamu habiskan untuk tugas-tugas atau kegiatan tertentu, khususnya untuk meningkatkan efisiensi, efektivitas, atau produktivitas.

Bisa juga dengan mendefinisikan manajemen waktu seperti berikut ini. Manajemen waktu adalah perencanaan sistematis dan pengendalian bagaimana kita menghabiskan waktu kita. Ini tentang memutuskan apa yang harus dilakukan, mendedikasikan waktu untuk kegiatan ini dan kemudian melakukannya. Manajemen waktu membantu kita memprioritaskan aktivitas kita sehingga kita dapat melakukan lebih banyak dalam waktu yang lebih singkat.

Mengapa keahlian manajemen waktu penting?

Mengelola waktu dengan baik adalah salah satu keterampilan yang paling penting, terutama di dunia saat ini.

Orang-orang selalu sibuk dan terlambat. Kamu tidak meluangkan waktu untuk memikirkan bagaimana mengatur waktu kamu dengan baik, tentu dapat menimbulkan masalah. Misalnya, kamu mungkin lupa janji atau tenggat waktu. Jadi mengatur waktu kamu dengan baik sangat penting bagi kamu.

Keterampilan manajemen waktu di tempat kerja penting karena memungkinkan kamu untuk merencanakan dan mengatur waktu kamu secara efektif. Dengan begitu kamu bisa bekerja lebih keras dan mengurangi stress.

Untuk menjadi sukses di dunia saat ini, seseorang harus menggunakan waktu dengan bijak untuk mencapai semua tujuan. Misalnya, jika kamu ingin mendapatkan gelar sarjana dan kemudian mencari pekerjaan yang baik, kamu harus memikirkan bagaimana melakukannya.

Benefit

  • Menghemat waktu
  • Mengurangi stress
  • Memiliki kendali tanggung jawab pekerjaan/tugas

Dampak gagal atur waktu

  • Terlewat deadline (Missed Deadline)
  • Kualitas kerja buruk dan tidak efisien
  • Tingkat stress lebih tinggi

Bagaimana Cara Manajemen Waktu Yang Baik?

Dengan manajemen waktu yang baik, kita bisa sukses dalam hidup kita. Sukses adalah satu-satunya cara untuk menemukan kebahagiaan dalam hidup. Jadi mari kita belajar mengatur waktu kita dengan baik agar kita bisa meraih kesuksesan dan kebahagiaan dalam hidup!

Kehidupan menjadi seorang pelajar atau mahasiswa penuh dengan tekanan dan beban kerja, sehingga manajemen waktu adalah keterampilan yang paling penting untuk kamu pelajari dari sekarang. Bagaimana mengatur waktu kamu secara efektif dapat membantu kamu meningkatkan efisiensi belajar dan mencapai prestasi akademik yang lebih baik. Penelitian menunjukkan dengan kemampuan manajemen waktu berbanding dengan grade/prestasi akademik yang dicapai. Silakan baca artikel di blog ini. 5 cara belajar efektif Hasil Maksimal.

Penting untuk merencanakan hari sebelum mulai bekerja. Pertama, gunakan planner atau kalender untuk menuliskan semua tugas yang harus diselesaikan. Kemudian prioritaskan aktivitas kamu dalam urutan kepentingan menggunakan sistem peringkat seperti penting dan mendesak, kedua tidak penting tapi mendesak, penting tak mendesak, tidak penting tidak mendesak. Penting juga untuk menjadwalkan istirahat

Nah, seperti yang disampaikan kak Zulfikar di studium generale event beberapa waktu yang lalu, tentang manajemen waktu dengan menggunakan matriz. Kamu bisa memilah dan memilih aktivitas kamu untuk menjadikan sebagai skala prioritas kamu. Seperti yang terlihat pada gambar berikut ini. Utamakan terlebih dahulu pekerjaan penting dan mendesak, lakukan sekarang. Ini sebagai skala prioritas pertama kamu.

Mengenal Tool atau App manajemen waktu dengan clockify

Ketika kamu memiliki tenggat waktu untuk sebuah proyek atau saat kamu sedang belajar, penting untuk melacak waktu yang kamu habiskan untuk mengerjakannya. Di sinilah time tracker tool berguna. Ini memungkinkan kamu untuk membagi pekerjaan kamu menjadi bagian-bagian yang lebih kecil dan dengan demikian mencatat berapa banyak waktu yang kamu habiskan untuk setiap bagian.

Time Tracker adalah alat tool atau app manajemen waktu yang memungkinkan kamu melacak waktu kerja dan waktu istirahat kamu. Tool atau App manajemen waktu dengan clockify memungkinkan karyawan atau pun pelajar/mahasiswa/i atau freelancer untuk melacak jam kerja mereka dan panjang serta rincian istirahat yang mereka ambil di siang hari. Pelacakan waktu dapat digunakan untuk menghitung jumlah yang harus kamu bayar untuk pekerjaan kamu dengan menjumlahkan semua jam yang kamu habiskan untuk menyelesaikan pekerjaan.

Di artikel ini, kami perkenalkan sebuah tool atau app manajemen waktu bernama clockify.

Apa itu clockify?

Clockify.me adalah alat pelacak waktu yang membantu meningkatkan efisiensi kerja dengan mencatat waktu yang dihabiskan untuk berbagai proyek/aktivitas/kerja yang kamu lakukan.

Mengapa clockify?

  • memungkinkan Anda untuk melacak waktu Anda dan mendapatkan pembayaran dengan mengubah jam kerja Anda menjadi bernilai.
  • sederhana dan mudah yang secara otomatis memulai dan menghentikan penghitung waktu berdasarkan aktivitas komputer kamu.
  • bisa digunakan untuk membuat halaman untuk event kamu.
  • Ada banyak alat serupa di luar sana yang melakukan hal yang sama, tetapi clockify.me lebih mudah digunakan dan memiliki lebih banyak fitur daripada kebanyakan pesaingnya

Caranya sangat mudah. Ketik clockify.me di address bar atau search engine. kemudian klik tombol Go To Tracker.

Pertama kali kamu cukup register dengan akun email yang kamu punya. Setelah terverifikasi, kamu bisa dengan mudah login dengan akun yang terdaftar tersebut. Kamu akan melihat dashbord app manajemen waktu clocify. Penggunaan tinggal mengaktifkan tombol start and stop button.

Time Management

Referensi lebih lanjut tentang manajemen waktu dengan clockify, kamu bisa baca di sini.

Jika kamu tertarik dengan artikel personal development lainnya di blog ini:

3 Penerapan Growth Mindset dalam Belajar

5 Cara Belajar Efektif Hasil Maksimal

Motivasi Belajar dari The Best 10 Film Inspirasi

Mengenal Burnout dan 3 Tips Mengatasi Burnout

REFERENCE

Materi ini pernah disampaikan dalam studium generale event oleh Zulfikar.S., Managing Director Eudeka.id

Featured Images : https://pixabay.com/illustrations/time-clock-timepiece-art-hours-6621838/

Bagikan Artikel Ini

Hubungi Kami


Bagikan Artikel Ini

Lanjutkan Membaca

Temukan & cerna bacaan yang memperluas wawasan tentang Transformasi Digital Pendidikan