Penggunaan Chromebook murah untuk belajar daring saat ini menjadi salah satu alternatif yang mulai dilirik banyak orang. Sayangnya, masih banyak orang yang belum mengenal gadget berbasis Google satu ini.

Di luar negeri, Chromebook mulai diminati dibandingkan laptop. Untuk itu, banyak anak-anak yang pergi ke sekolah dengan membawa Chromebook sebagai media efisien dan praktis pada kegiatan belajar.

Mengenal Apa Itu Chromebook

photo 1527565290982 018bcfdbee74

Apa itu Chromebook? Chromebook merupakan salah satu jenis komputer yang memiliki dasar sistem operasi Chrome OS. Sedangkan pada komputer dengan bentuk laptop, biasanya menggunakan sistem operasi Windows, Mac OS, atau Linux.

Apa perbedaan yang paling terlihat? Secara bentuk fisik, komputer ini hampir sama seperti laptop pada umumnya, hanya dari segi ukurannya cenderung lebih kecil. Fitur yang dihadirkan pun sangat berbeda.

Cara Pilih Chromebook Murah untuk Belajar Daring

Jika Anda tertarik menggunakan Chromebook, Anda bisa coba memilih dengan memperhatikan hal-hal berikut ini.

Amati Fitur yang Ditawarkan

gfe4

Karena Chromebook beroperasi dengan sistem Chrome, maka fitur yang ada di dalamnya sebagian besar merupakan fitur dari Google. Google merupakan situs pencarian dan penyedia informasi terbesar di dunia yang menawarkan banyak layanan menarik.

Layanan tersebut berguna dalam memudahkan aktivitas Anda sehari-hari. Seperti kegiatan belajar daring (online) dengan memanfaatkan akses internet. Anda bisa pilih produk Chromebook yang menawarkan fitur paling cocok dengan kebutuhan. 

Sesuaikan Besar Memori

gfe1

Setiap jenis dan brand memiliki produk dengan spesifikasi berbeda, termasuk pada besar kapasitas memori. Biasanya memori bawaan Chromebook memang terbatas, baik internal, maupun besar RAM.

Tetapi tenang saja, karena ada memori yang disediakan Google melalui fitur Google Drivenya mencapai 100 GB. Sehingga Anda bisa menyimpan data lebih aman dan mengolahnya secara lebih efisien.

Mencari Referensi Seputar Produk

photo 1517245386807 bb43f82c33c4

Selanjutnya, Anda bisa cari referensi penggunaan komputer Chromebook. Misalnya melalui review di internet, atau juga bertanya pada mereka yang sudah lebih dulu menggunakannya. Pasalanya, fitur yang dihadirkan sistem operasi Chrome cukup berbeda dengan Windows dan mac.

Selain itu tipe Chromebook di pasaran sendiri tidak sedikit, Anda juga harus lakukan pertimbangan matang ketika memilihnya.

Chromebook atau Laptop, Ya?

01jrrFXHlXTE2c17Heoned5 10.1599097121.fit lim.size 1200x630

Banyak orang yang salah dan menganggap Chromebook sama dengan laptop biasa. Padahal keduanya cukup berbeda yang membuat penggunaannya pun juga berbeda.

Chromebook lebih cocok untuk Anda yang ingin mendapat banyak layanan dan fasilitas menarik dari Google. Sementara laptop biasa belum mendukung fitur – fitur yang ditawarkan Google secara eksklusif. 

Meski memiliki fitur bawaan dari Google, komputer dengan basic Chrome OS pun sudah bisa mengakses aplikasi milik Windows.

Pilih Produk yang Tepat

photo 1522202773758 7622dc42a833

Cara memilih Chromebook untuk pembelajaran online adalah dengan memilih produk paling tepat yang mampu memenuhi kebutuhan, kriteria, serta dari segi harga cocok dengan budget Anda.

Chromebook memiliki kelebihan dalam hal harga dibandingkan laptop biasa. Karena produk komputer ini biasanya dipasarkan dengan harga lebih terjangkau. Banyak brand komputer ternama yang juga memproduksi Chromebook berkualitas tinggi.

Pahami Tujuan Penggunaan Chromebook

photo 1522202222206 b75023c48f4f

Lebih baik menggunakan Chromebook atau laptop untuk mendukung kegiatan belajar daring? Dari sekian banyak kelebihan dan kekurangannya, Chromebook dinilai mampu mengoptimalkan proses belajar berbasis jaringan internet bagi semua kalangan usia.

Misalnya untuk anak-anak yang umumnya tidak membutuhkan beraneka ragam fitur atau aplikasi, Chromebook menjadi pilihan tepat. Terlebih harganya yang terjangkau pun lebih cocok dalam menyediakan media belajar di era digital seperti sekarang.

Chromebook untuk Pelajar

gfe8

Ada beberapa kebutuhan yang mungkin tidak bisa Anda dapatkan atau penuhi dengan Chromebook. Anda tentu mengerti bahwa setiap produk memiliki kekurangan dan kelebihan yang disesuaikan dengan segmen pasarnya sendiri. 

Chromebook memang didesain khusus untuk kebutuhan belajar mengajar yang lebih efektif. Kalau Anda mencari laptop sekolah untuk anak, pikirkan saja Chromebook.

Sebab, kebutuhan pelajar biasanya tidak sebanyak atau serinci pemakaian komputer untuk pekerja atau pemakaian untuk para gamers. Dengan interface, fitur, dan desainnya yang ringkas, laptop jenis Chromebook cukup ramah untuk anak – anak belajar daring. 

Optimalkan penggunaan Google for Education dan Akun Belajar.id di sekolah dengan dukungan Chromebook. Info lebih lanjut dan penawaran menarik Chromebook untuk sekolah, silahkan hubungi kami melalui email atau klik link berikut ini. Eudeka adalah bagian dari GITS Indonesia, Google Cloud Partner, untuk pendidikan.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini