Mengenal Bill Gates, Microsoft dan Segudang Prestasi Gemilangnya

Table of Contents

Bill Gates, Microsoft adalah sosok inspiratif yang dicanangkan sebagai penemu Microsoft. Beliau memiliki semangat tinggi dalam mengejar impiannya meskipun banyak rintangan yang dihadapinya.

Bill Gates, Microsoft, pastinya Anda sudah sering mendengar nama tokoh terkenal satu ini. Sebagai penemu Microsoft sekaligus menjadi orang terkaya di dunia, pastinya banyak orang yang penasaran dengan beliau dan juga hasil temuannya. Maka mengetahui lebih dekat tentang sosok Bill Gates ini dengan menelusuri biografi dan jejak karyanya, dapat meningkatkan semangat kita dalam meraih mimpi.

Pencapaian Bill Gates serta perjalanan beliau dalam meniti karir untuk mendirikan perusahaan, telah menginspirasi banyak orang. Meskipun oleh orang tuanya pernah ditentang, namun karena semangat dan juga adanya kesempatan yang datang, beliau tidak menyia-nyiakannya hingga akhirnya beliau bisa menggapai cita-citanya, yakni memiliki perusahaan sendiri. Nah, bagi Anda yang penasaran dengan beliau, simak ulasan berikut!

Bill Gates

Biografi Bill Gates dan Sejarah Pendidikannya

Nama panjang Bill Gates adalah William Henry Gates III yang lahir di Seattle, Washington, Amerika Serikat. Beliau lahir pada 28 Oktober 1955 dan saat ini memiliki tiga orang anak Jennifer Katharine Gates, Rory John Gates, dan Phoebe Adele Gates. Suami dari Melinda Gates ini juga pernah mendapatkan peringkat pertama orang terkaya di tahun 1995 sampai 2009.

Bill Gates dilahirkan dari keluarga yang berkecukupan, dimana ayahnya adalah seorang pengacara yang cukup terkenal. Sementara ibunya bekerja sebagai Dewan Direktur Interstate Bank, Pacific Northwest Bell dan anggota tingkat nasional United Way.

Bill Gates dikenal memiliki kecerdasan yang cukup tinggi, namun ternyata hal ini membuatnya mengalami kesulitan di sekolah karena beliau memiliki semangat belajar yang lebih tinggi daripada teman-temannya. Setelah mengetahui tingkat kecerdasannya yang tinggi ini akhirnya Bill Gates dipindahkan ke sekolah khusus laki-laki di Seattle yaitu Lakeside School.

Saat memasuki sekolah ini, beliau mulai menyukai pelajaran komputer, bahkan beliau pernah mendapatkan kebebasan bermain dengan komputer di sekolah karena berhasil menemukan bug pada perangkat lunaknya. Kejeniusannya ini membuat beliau bisa mempelajari bahasa pemrograman BASIC dengan mudah.

Beliau juga sering menghabiskan waktu dengan teman-temannya untuk mempelajari bahasa pemrograman dan berkat kecintaannya ini, beliau juga bisa mendapatkan uang jajan tambahan semasa sekolah. Uang jajan tambahan ini didapatkan berkat menjadi peretas muda di sekolahnya bersama teman-temannya.

Boston Bill Gates

Namun kecintaannya terhadap komputer ini ternyata menyebabkan kekhawatiran orang tuanya yang mana mereka takut akan mengganggu konsentrasinya saat belajar. Akhirnya, orang tuanya memutuskan untuk menghentikan kegiatan Bill Gates yang berhubungan dengan komputer selama satu tahun.

Perjalanan Bill Gates Mendirikan Microsoft

Apakah Anda sudah tahu perjuangan Bill Gates, Microsoft dalam mendirikan perusahaannya sendiri? Sebelum sukses menjadi pendiri Microsoft, Bill Gates juga pernah mengubur cita-citanya tersebut dan masuk ke universitas karena disuruh orang tuanya. Beliau masuk ke fakultas hukum Universitas Harvard dengan harapan bisa menjadi pengacara seperti ayahnya.

Nah, saat masih menjadi mahasiswa di Harvard beliau bertemu dengan teman hacker-nya saat di sekolah dulu yaitu Paul Allen. Pertemuan ini membuat beliau kembali bersemangat untuk memiliki perusahaan perangkat lunak dan akhirnya, mereka berdua mengembangkan bahasa pemrograman BASIC untuk mengoperasikan komputer MITS Altair Basic 8800.

Gedung Kantor Microsoft

Bahasa pemrograman yang mereka kembangkan tersebut berhasil dan mereka meyakinkan diri untuk datang ke MITS agar perusahaan itu mau membeli bahasa pemrograman buatan mereka. Keberhasilan beliau dalam membuat bahasa pemrograman ini membuatnya semakin mantap untuk keluar dari Harvard agar bisa fokus mewujudkan cita-citanya.

Kerjasamanya dengan MITS ini berhenti pada 1976, namun Microsoft tetap dikembangkan oleh mereka berdua hingga akhirnya mereka kembali bekerja sama dengan perusahaan IBM. Setelah bekerja sama dengan IBM ini, akhirnya mereka merilis komputer dengan sistem operasi MS-DOS yang sangat laris di pasaran.

Selain sukses dalam mendirikan Microsoft, Bill Gates juga mendapatkan beragam penghargaan bahkan sejak 1975. Tahun 1987 tepatnya beberapa hari sebelum hari ulang tahun beliau yang ke-32, Bill Gates ditetapkan sebagai miliader oleh Forbes. Predikat 400 Richest People in America juga menjadi gelar yang beliau dapatkan.

Selain itu, kegiatan filantropi beliau bersama Melinda juga mendapatkan penghargaan yaitu Order of the Aztec Eagle di tahun 2006 dan 2010 Bower Award for Business Leadership dari the Franklin Institute.

Cerita perjalanan karir Bill Gates, Microsoft di atas pastinya bisa menjadi inspirasi untuk Anda maupun orang lain. Walaupun cita-cita beliau pernah berhenti sejenak karena tidak disetujui orang tuanya, namun saat ada kesempatan di depan mata, beliau tidak pernah menyia-nyiakannya.

Kurniasih, W. (2021). Biografi Bill Gates dan Kesuksesannya Sebagai Pendiri Microsoft. Gramedia.

Dewaweb team. (2021). Mengenal Pendiri Microsoft, Bill Gates. Dewaweb.

Bagikan Artikel Ini

Table of Contents

Bagikan Artikel Ini

Lanjutkan Membaca

Temukan & cerna bacaan yang memperluas wawasan tentang Transformasi Digital Pendidikan