Pengembangan Google Workspace For Education oleh tim Google merupakan respon rasional mereka atas peluang yang muncul dari pandemi global Covid-19.

Sebagai perusahaan raksasa dalam dunia digital marketing, tidak mengherankan jika Google dapat merespon peluang pasar dalam dunia digital jauh lebih cepat daripada perusahaan-perusahaan lain.

Termasuk dalam dunia pendidikan. Merebaknya wabah Covid-19 menjadi pandemi global, ditangkap sebagai peluang baru oleh Google dengan mengembangkan aplikasi tersebut menjadi Workspace for Education.

Apa Itu Google Workspace For Education?

gfe8
Pembelajaran jarak jauh dengan menggunakan Google Workspace for education

Pada dasarnya Workspace for Education dirilis Google untuk menggantikan G Suit. Platform ini merupakan serangkaian tools yang dapat membantu pelajar meningkatkan peluang dalam berpikir kritis, komunikatif, kolaboratif dan kreatif, untuk mendukung tujuan mendukung kegiatan belajar mengajar.

Pada saat ini tools pendidikan digital yang dirilis Google tersebut telah tersedia dalam berbagai edisi, yang terdiri dari versi gratis dan berbayar. Keunggulannya dari Learning Management System (LMS) lain yang sudah ada, walaupun gratis, tools tersebut bebas iklan, handal dan aman, karena mendapatkan dukungan dari Google.

Sehingga dewasa ini jutaan siswa pada sekolah-sekolah di seluruh dunia telah menggunakan tools yang dibangun oleh Google tersebut.

Fitur Workspace For Education dari Google

Setiap edisi Workspace for Education mencakup Gmail, Kalender, Meet, Dokumen, Spreadsheet, Slide, Formulir, Kelas, Tugas, Sites, Grup, Drive, dan Dashboard Administrator.

Google Classroom

ilustrasi google classrom

Ruang Kelas Google adalah tools kolaborasi untuk guru dan siswa yang dapat membantu guru maupun pihak sekolah dalam hal membuat maupun mengelola kelas online. Hanya dengan beberapa klik, seorang admin dapat membuat kelas, menambahkan siswa, dan membuat tugas atau pengumuman.

Selanjutnya guru dapat melihat siapa saja yang telah menyelesaikan tugasnya, yang masih mengerjakannya, sekaligus memberikan nilai. Serta juga dapat langsung memberikan feedback kepada siswa dari pertanyaan atau komentar yang mereka sampaikan.

Google Drive

Google Drive spam

Merupakan hard drive online tempat menyimpan semua file, dapat diakses dari perangkat apa pun oleh siswa yang mendapatkan hak akses. Hal ini tentunya mempermudah guru dalam memberikan tugas kelompok. Pada perangkat yang kompatibel seperti Chromebook, aplikasi ini dapat dioperasikan secara offline.

Google Docs

089896500 1456377310 google docs icons

Merupakan aplikasi serupa dengan MS Office yang dapat digunakan untuk membuat dan mengedit file teks, spreadsheet, presentasi dan gambar. Seperti halnya MS Office, Google Docs dilengkapi dengan beberapa tools, yaitu :

  • Google Sheets: spreadsheet untuk menganalisis, memvisualisasikan, dan memetakan data
  • Google Formulir: survei cepat & mudah untuk mengumpulkan informasi
  • Google Slides: alat presentasi yang memudahkan untuk bercerita
  • Google Gambar: Pembuatan grafik dan diagram alur dengan bentuk, teks, dan gambar

Tools Penunjang

Google workspace 1

Selain ketiga aplikasi inti penunjang kegiatan belajar mengajar tersebut di atas, Google juga menyertakan produk-produknya yang lain ke dalam Workspace for Education yang dapat meningkatkan keterlibatan siswa, yaitu :

  • Gmail: surat elektronik yang dapat digunakan sebagai kontak, menginformasikan jadwal tugas dan komunikasi lainnya.
  • Google Kalender: untuk penjadwalan, kalender.
  • Google Meet: tools tele konferensi dan perpesanan video langsung
  • Google Sites: alat untuk membuat dan penerbitan halaman web sederhana.
  • Google Grup: forum diskusi online seperti halnya buletin board online.

Keunggulan Workspace For Education

Selain menyediakan fitur-fitur canggih, Workspace for Education juga memiliki berbagai keunggulan jika dibandingkan dengan LMS lain, antara lain sebagai berikut.

Aksesibilitas dan Fleksibilitas

Sebagai perusahaan digital raksasa, dewasa ini layanan yang disediakan Google telah banyak digunakan dan menyebar secara global, di luar Workspace for Education masih banyak layanan lain yang dapat menunjang kegiatan belajar mengajar melalui akses akun Google yang sama, seperti :

  • Chrome: peramban untuk menjelajah internet.
  • YouTube: layanan hosting dan berbagi video online.
  • Google Maps / Earth: layanan peta interaktif dan citra satelit.
  • Blogger: fasilitas untuk menerbitkan blog

Layanan tersebut dapat digunakan dari semua jenis perangkat yang umum digunakan saat ini yang dapat menekan biaya pembelian perangkat belajar mengajar.

Handal dan Aman

Selain sebagai leader dalam dunia digital marketing, kredibilitas Google sebagai pengembang piranti lunak juga sudah tidak diragukan lagi, sehingga produk-produk mereka sudah teruji baik kehandalan maupun keamanannya yang telah memenuhi standar GDPR, COPPA, CCPA dan FERPA.

Gratis

Google juga menyediakan Workspace for Education versi gratis bagi lembaga-lembaga pendidikan tertentu yang memenuhi persyaratan yang dikeluarkan oleh mereka. Layanan ini dapat menjadi salah satu solusi bagi pendidikan digital murah.

Sebagai platform yang dirancang untuk menunjang kegiatan pendidikan, Google Workspace for Education merupakan salah satu alternatif yang perlu dipertimbangkan dengan situasi yang terjadi saat ini.

Karena selain telah terbukti handal dan memiliki aksesbilitas yang tinggi, Google juga memberikan layanan gratis bagi institusi pendidikan yang mengajukan kepada mereka yang telah memenuhi syarat tertentu yang akan dinilai melalui masa percobaan selama 14 hari.

Untuk upgrade google workspace for education, bisa langsung hubungi kami melalui email atau kunjungi link berikut ini. Eudeka adalah bagian dari GITS Indonesia, Google Cloud Partner, untuk pendidikan.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini