Mengenal Keunggulan Chromebook untuk Pendidikan di Indonesia

Chromebook untuk pendidikan

Selama pembelajaran jarak jauh (PJJ) di masa pandemi, wacana penggunaan laptop Chromebook untuk Pendidikan jadi makin popular. Hal ini diperkuat Ketika kemendikbud membuat program bantuan laptop berbasis chrome OS / Chromebook untuk sekolah-sekolah di Indonesia. Artikel berikut ini bisa membantu untuk mempertimbangkan memilih menggunakan laptop chromebook untuk pendidikan.

Sebenarnya, apa sih yang menjadi keunggulan Chromebook untuk Pendidikan? Dan kenapa laptop berbasis Chrome OS ini cocok digunakan para pelajar untuk menunjang proses belajar mereka? Yuk cari tahu jawabannya lewat ulasan konten kami dibawah ini.

Chromebook untuk pendidikan
Chromebook untuk pendidikan

Chromebook; Laptop Berbasis Chrome OS Terbaik untuk Pendidikan

Sebelum jauh mengulas keunggulan chromebook beserta brand yang mengeluarkan laptop seri ini, mari kita berkenalan dengan laptop ini yuk.

Misalnya saja, kamu bisa mulai dari mengetahui pengertian dari Laptop Chromebook.

Pengertian Chromebook

Penjelasan mudahnya, Chromebook adalah laptop yang mengadopsi Chrome OS sebagai sistem operasinya. Chrome OS berbasis Linux dan dikembangkan oleh Google. Tampilannya bisa dibilang cukup user-friendly karena tidak jauh berbeda dengan web browser Google Chrome.

OS ini cukup ramah sehingga tidak membutuhkan resource hardware yang tinggi. Karena itu, laptop Chromebook tidak memerlukan spesifikasi tinggi, tetapi kinerjanya tetap lancar menjalankan aplikasi dan banyak tab browser yang bebas lag.

Apakah Laptop Chromebook Cocok untuk Pendidikan?

Nyatanya, laptop berbasis Chrome OS memang diperuntukkan sebagai media pendukung pembelajaran di sekolah. Semua proses belajar dilakukan secara daring, umumnya google meet / zoom menjadi medium belajar antara guru dan murid saling bertemu & berbagi ilmu. Belum lagi, tugas-tugas yang diberikan guru mengharuskan murid mengakses referensi di internet. Dari kebutuhan ini saja, sudah terjawab ya, Chromebook untuk Pendidikan di masa pandemic adalah solusi yang tepat untuk semua pihak; siswa, guru, dan orang tua.

Keunggulan Chromebook untuk Pendidikan Daring Selama Pandemi

Hingga tahun 2022, sekalipun pemerintah telah melegalkan pembelajaran tatap muka (PTM), nyatanya ledakan infeksi covid-19 varian omicron terjadi lagi. Alhasil, pembelajaran dilakukan lewat daring Kembali.

Chromebook bisa digunakan untuk proses belajar mengajar Kembali. Setidaknya sampai keadaan kondusif untuk melaksanakan kembali PTM. By the way, buat kamu yang penasaran kenapa sih Chromebook cocok untuk Pendidikan, jawabannya bisa kamu dapatkan lewat ulasan poin-poin kelebihannya dibawah ini ya;

  • Chromebook untuk Pendidikan Tidak Memerlukan Spesifikasi Tinggi

Karena sasaran penggunanya adalah pelajar, maka produk laptop chromebook tidak memerlukan spesifikasi tinggi agar siswa bisa fokus menggunakan perangkat ini hanya untuk pembelajaran saja.

  • Chromebook Mendorong Siswa untuk Beradaptasi dengan Teknologi Cloud

Keunggulan kedua, Chromebook mengajak para pelajar untuk terbiasa menggunakan teknologi cloud yang lazim digunakan saat ini dan di tahun mendatang. Semua file tugas, gambar, video, dan presentasi diakses lewat drive cloud.

  • Harga Chromebook untuk pendidikan sangat terjangkau

Karena Chromebook diciptakan untuk mendukung pembelajaran online, harganya pun sangat terjangkau, bahkan dengan bujet 2 – 4 juta, kamu sudah bisa memilikinya.

  • Tersedia Chrome Web Store dengan beragam pilihan aplikasi

Faktanya, sekalipun laptop Chromebook digunakan untuk Pendidikan, Google tetap memfasilitasi perangkat ini dengan beragam aplikasi menarik untuk penggunanya melalui Chrome web store / Google Play Store.

  • Daya tahan baterai chromebook bisa tahan hingga 8-12 jam

Chromebook memahami betul bahwa para pelajar membutuhkan laptop yang tahan lama untuk zoom meeting berjam-jam. Bagian terbaiknya, laptop Chromebook bisa tahan 8 hingga 12 jam! Dijamin deh, nge-zoom seharian nggak perlu sambil di-charge sama sekali & bisa meminimalkan overheat.

  • Beragam Fitur menarik chromebook untuk pendidikan
Features Chromebook MeetChromeOS Intro
Features Chromebook

Ada beragam fitur belajar yang Google sediakan untuk pembelajaran yang bisa dijalankan secara online atau offline. Desain dan bodi laptop tipis, minimalis, dan ringan. Punya daya tahan tinggi sehingga tidak rusak saat dipakai pelajar. Keamanan data terjamin, bebas virus, dan ada fitur parental control sehingga orang tua bisa memantau / membatasi penggunaan laptop.

Nah, itu dia keunggulan Chromebook untuk Pendidikan. Jadi, apakah kamu tertarik untuk menggunakan Chromebook sebagai teman belajar selama pembelajaran online? Yuk sharing lewat kolom komentar kamu soal chromebook. 

REFERENSI

Features Chromebook.

Artikel lainnya terkait dengan Chromebook bisa dibaca disini :

Memilih Chromebook Murah Untuk Belajar Daring

Memilih Chrome Education Upgrade License

Chromebook Untuk Pendidikan

Chromebook VS Laptop, Mana Yang Lebih Baik?

Google I/O 2021: 7 Hal Baru Untuk Chromebook

5 Fakta Menarik Chromebook, Perangkat Terbaik Untuk Asesment Nasional Berbasis Komputer

Rachmawati Ari Taurisia

Rachmawati Ari Taurisia

Freelance trainer, facilitator, and academic content writer at Eudeka.id. Never late to learn something new. Upgrade skills now.

Leave a Reply

Your email address will not be published.