Google Meet untuk pembelajaran daring sekarang ini menjadi kebutuhan penting untuk menunjang pendidikan secara online. Hal ini karena belum memungkinkannya pelaksanaan proses belajar mengajar secara langsung. Sehingga, pembelajaran lewat online menjadi alternatif yang paling tepat dan aman untuk dilakukan. 

Tidak mengherankan, jika lembaga pendidikan Indonesia saat ini menggunakan Google Meet untuk pembelajaran daring sebagai fokus utama. Demi mendukung dan menunjang segala aktivitas pendidikan, agar proses belajar masih tetap berlangsung secara optimal.

Alasan Menggunakan Google Meet

photo 1584697964328 b1e7f63dca95

Aktivitas tatap muka secara langsung sedang mengalami berbagai hambatan. Aktivitas pembelajaran konvensional terhenti karena beberapa wilayah di Indonesia dan dunia sedang berjuang melawan pandemi Covid-19 yang mana belum bisa aktivitas secara normal. Kegiatan belajar mengajar secara online menjadi solusi di tengah situasi yang sulit ini.

Apabila abai dan terus melakukan aktivitas langsung, maka penyebaran virusnya akan lebih cepat dan membuat banyak korban jiwa. Akibatnya, banyak negara dan lembaga pendidikan memutuskan untuk melakukan pembelajaran daring. Tindakan ini dirasa tepat dan jelas, karena memberikan dukungan yang tepat dan optimal. 

Manfaat Penggunaan Google Meet

Google Meet sebagai layanan perangkat untuk belajar menjadi pilihan tepat karena kemudahan dalam akses dan pengoperasiannya. Anda tidak akan mengalami kesulitan berarti dan langsung bisa menggunakannya secara menyeluruh. Tindakan inilah yang membuat banyak orang memilih untuk mengaplikasikan Google Meet. 

1. Kemudahan Akses 

photo 1584697964358 3e14ca57658b

Hal menarik dari pemanfaatan Google Meet untuk pembelajaran daring adalah Anda tidak akan terlalu mengalami kesulitan dalam menggunakannya. Sehingga membuat proses belajar mengajar dapat dilakukan dengan cepat dan tepat. Ini akan memberikan Anda kesempatan untuk melakukan proses pembelajaran lebih mudah dan penyampaian informasi lebih efektif. 

Dalam tahap ini setiap orang baik itu siswa dan guru tidak akan mengalami banyak kendala karena Google Meet telah terintegrasi dengan Google. Anda tidak perlu repot mengunduhnya seperti platform lain. Anda dapat menikmati layanannya secara langsung langsung dari webiste dan aktivitas pembelajaran dapat langsung dilakukan. 

2. Fleksibel 

photo 1610484826625 ac2be7f1c8c1

Perbedaan antara pembelajaran secara langsung dan daring terletak pada waktu dan tempat pelaksanaan belajar mengajar. Pada pembelajaran daring yang menggunakan Google Meet memberikan fleksibilitas waktu yang lebih mudah dan cepat. Cukup cepat dan sederhana dalam menentukannya jadwal secara langsung. 

Hanya cukup terhubung dengan internet maka aktivitas belajar mengajar dapat dilakukan dengan segera. Hal inilah yang membuat pembelajaran daring menjadi lebih optimal dan menarik, karena dapat memenuhi kebutuhan yang diharapkan dan tidak terpengaruh dengan beberapa tempat dan waktu untuk melakukannya. 

3. Membuat Siswa Lebih Aktif 

photo 1531545514256 b1400bc00f31 1

Dengan melakukan pembelajaran secara daring membuat siswa jauh lebih aktif dan antusias dalam mengikuti proses belajar mengajar. Tentunya ini menjadi pilihan yang paling menarik untuk dilakukan dan membuat banyak tenaga pendidik yang mengandalkannya untuk memaksimalkan potensi siswa. 

Hal ini membuat proses belajar mengajar terlihat lebih aktif dan hidup. Dengan Google Meet, harapannya siswa yang sebelumnya kurang aktif menjadi lebih antusias mengikuti pembelajaran yang tersedia. Inilah salah satu manfaat besar dari penggunaan Google Meet sebagai media pembelajaran daring dalam memenuhi kebutuhan pendidikan. 

4. Pengalaman Baru dan Berbeda

photo 1515378791036 0648a3ef77b2

Sebelumnya tidak banyak aktivitas digital atau online yang dilakukan secara serentak; memberikan pengalaman baru dan berbeda untuk sebagian banyak orang. Tantangan ini menjadikan banyak orang beradaptasi dan memulai gaya hidup baru. Kaku, kaget, atau kikuk dengan perkembangan gaya hidup digital memang hal yang wajar. Seiring berjalannya waktu, mereka akan terbiasa. 

Proses pembelajaran daring memberikan dampak yang lebih menarik dan membuat pengalaman baru untuk banyak orang. Sulit membayangkan masyarakat saat ini beramai – ramai beralih ke platform pendidikan digital tanpa hadirnya pandemi. Wabah Covid-19 memang memberikan mimpi buruk, tetapi juga menawarkan tantangan baru terutama dalam dunia pendidikan. 

Semoga penjelasan lengkap mengenai pemanfaatan Google Meet untuk pembelajaran daring membuka wawasan kita semua untuk menerima gaya hidup baru sebagai masyarakat digital. Masyarakat yang mengharuskan tenaga pengajar dan peserta didik mampu beradaptasi dengan gaya hidup baru: belajar secara daring.

Untuk menunjang pembelajaran di sekolah menggunakan Google Meet secara daring, Anda dapat menggunakan Google For Education. Info lebih lanjut bisa langsung hubungi kami melalui email atau klik link berikut ini. Eudeka adalah bagian dari GITS Indonesia, Google Cloud Partner, untuk pendidikan.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini