Transformasi digital pendidikan Indonesia sulit untuk dihindari dengan situasi dan kondisi yang berkembang saat ini. Mau tidak mau membuat setiap stakeholder pada sektor pendidikan maupun pemerintah harus bergerak ke arah digitalisasi dunia pendidikan.

Revolusi industri 4.0 telah menyentuh hampir setiap aspek kehidupan kita. Lebih dari 3,5 miliar orang memiliki akses ke internet dan lebih dari 5 miliar diperkirakan memiliki semacam perangkat seluler dan setengahnya adalah smartphone. Tingkat konektivitas ini telah memengaruhi cara orang terlibat dengan orang lain, mendapatkan berita, dan melihat dunia di sekitar mereka.

Oleh karena itu, tidak heran jika tren transformasi digital ini juga sangat berdampak pada industri pendidikan. Dari pendidik sekolah dasar hingga pendidikan tinggi, transformasi digital telah memengaruhi ruang kelas dan cara para guru ini menjangkau siswanya.

Munculnya pandemi COVID-19 membatasi kegiatan belajar – mengajar di sekolah. Mau tidak mau menuntut banyak sekolah dan guru menggunakan teknologi informasi untuk membantu mereka mengatasi kondisi tersebut.

Pemahaman Transformasi Digital Pendidikan

photo 1584697964479 60a5a1d11307

Ada hal penting lain yang perlu diperhatikan dalam peralihan menuju era digitalisasi dunia pendidikan di Indonesia. Bukan hanya sekedar menerapkan penggunaan gadget dengan buku-buku elektronik, namun juga perubahan mindset tenaga pengajar maupun pelajar yang terlibat di dalamnya, termasuk sektor lain yang menjadi sektor penunjang dunia pendidikan.

Manusia sebagai subjek atau pelaku utama dalam perkembangan peradaban perlu beradaptasi dengan perubahan lingkungan di sekitarnya. Guru, pelajar, pemerintah maupun pihak-pihak terkait dengan sektor pendidikan perlu merubah pola pikirnya ke arah problem solving bukan lagi sekedar surviving secara tradisional.

Sebab tanpa adanya revolusi mindset di dunia pendidikan, transformasi dunia pendidikan hanya akan menghasilkan hewan cerdas yang pintar dalam menggunakan teknologi canggih.

Sehingga dalam hal ini dapat kita definisikan bahwa transformasi digital pendidikan Indonesia adalah proses perubahan pola pikir manusia dalam melakukan transfer pengetahuan dengan bantuan teknologi canggih yang selaras dengan nilai-nilai Pancasila dan Undang-Undang Dasar 45.

Tolak Ukur Era Digital Dunia Pendidikan

photo 1517245386807 bb43f82c33c4

Setelah definisi dari transformasi digital dunia pendidikan di Indonesia telah kita ketahui maka untuk mencapai tujuan tersebut perlu tolok ukur yang jelas agar mempermudah dalam proses pencapaiannya.

Peningkatan Akses Maupun Aksesbilitas Pendidikan

photo 1610484826625 ac2be7f1c8c1

Perkembangan ke arah digital seharusnya mampu meningkatkan kesempatan belajar putra-putri bangsa Indonesia, bukan menjadi kendala bagi pelajar untuk mendapatkan pendidikan.

Demikian juga transformasi digital dunia pendidikan juga harus dapat mengatasi kendala maupun masalah yang saat ini dialami oleh anak usia sekolah dengan keterbatasan kondisi fisik.

Personalisasi Materi Kurikulum

photo 1516321318423 f06f85e504b3

Dengan terdigitalisasinya dunia pendidikan di Indonesia, lembaga pendidikan bukan lagi menjadi pabrik yang mencetak pengetahuan dengan produksi massal. Materi pendidikan yang disampaikan harus disesuaikan dengan minat dan bakat pelajar.

Hal ini bukanlah hal yang sulit untuk dilakukan dengan bantuan teknologi yang ada sekarang, seperti yang telah umum dilakukan saat ini pada dunia digital marketing.

Penggunaan Teknologi Virtual

photo 1544725121 be3bf52e2dc8

Penggunaan virtual reality memang terlihat memerlukan investasi yang relatif besar di awalnya, namun setelah berjalan dapat meringankan biaya operasional terutama bagi pengajar dan pelajar.

Belajar – Mengajar Jarak Jauh Secara Online

gfe8

Dunia digital yang bersifat open akses harus dapat mengatasi kendala geografis yang saat ini masih sulit di atasi pada beberapa daerah di negeri kita.

Peningkatan Keamanan Infrastruktur Digital

photo 1517245386807 bb43f82c33c4

Tanpa sistem keamanan yang baik pendidikan digital hanya akan membuka peluang bagi pelajar untuk berbuat curang, serta data maupun informasi yang dikumpulkan oleh sistem dapat dimanfaatkan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.

Tantangan Menuju Era Digital

gfe3

Untuk menuju kriteria yang ingin dicapai dalam transformasi digital dunia pendidikan di Indonesia, ada beberapa kondisi saat ini yang perlu diubah ataupun diatasi. Masih banyak wilayah-wilayah di Indonesia yang kesulitan mengakses saluran komunikasi karena terkendala oleh infrastruktur maupun kondisi geografis yang berat.

Perkembangan teknologi yang telah menjadi bagian dari peradaban global merupakan alasan kuat bagi transformasi digital pendidikan Indonesia. Setiap lini masyarakat harus siap dengan perubahan dan menyambut era digital yang baru.

Wujudkan tranformasi digital di sekolah untuk menunjang pendidikan Indonesia yang lebih maju. Untuk konsultasi lebih lanjut, silahkan menghubungi kami melalui email. Eudeka adalah bagian dari GITS Indonesia, Google Cloud Partner, untuk pendidikan.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini