Tutorial Menggunakan Google Jamboard Paling Mudah, Berani Coba?

tutorial menggunakan jamboard

Google Jamboard menjadi kemudahan dalam pembelajaran jarak jauh atau online maupun untuk keperluan bisnis. Yuk simak tutorial menggunakan Google Jamboard di sini.

Google Jamboard adalah whiteboard (papan tulis) multi-sentuh kolaboratif pertama di dunia. Ini akan membantu mengintegrasikan semua aplikasi Google favorit Anda dan memiliki alat untuk membantu Anda bekerja sama dengan pengajar bersama peserta didik/murid di dunia pendidikan maupun tim bisnis Anda. Untuk mendapatkan kolaborasi mudah ini, Anda membutuhkan tutorial menggunakan Google Jamboard paling mudah.

Ini adalah pilihan tepat bagi bisnis yang ingin menciptakan ruang pertemuan menarik yang mendorong kreativitas dan kolaborasi dengan tim mereka. Dalam panduan ini, kami akan mengajari Anda tutorial menggunakan Google Jamboard serta beberapa praktik terbaik untuk memaksimalkannya.

Bagian 1: Tutorial menggunakan Google Jamboard

Dengan Google Jamboard, Anda dapat membuat, berkolaborasi, dan berbagi konten digital secara real time. Lalu bagaimana tutorial menggunakan Google Jamboard ini? Yuk simak penjelasannya di bawah ini:

  1. Buka halaman https://jamboard.google.com
  2. Mulai menggunakan dengan Google Jamboard

Memulai menggunakan di Google Jamboard dapat dilakukan dengan cara membagikan papan tulis agar siswa atau tim bisnis Anda dapat melihat dan berinteraksi di dalamnya

  1. Masuk secara langsung saat sedang membuka Google Meet kemudiah pilihan Whiteboard pada titik tiga yang ada di Google Meet.

Bagian 2: Cara memaksimalkan Google Jamboard

Cara terbaik untuk menggunakan Google Jamboard adalah dengan memanfaatkan alat-alatnya (Tools). Ada banyak cara untuk menggunakan Google Jamboard untuk meningkatkan produktivitas tim Anda.

  • Sticky Notes
  • Pen
  • Brush
  • Tombol share
  • dan sebagainya

Bagian 3: Mengapa bisnis Anda harus menggunakan Google Jamboard?

Jika Anda masih bertanya-tanya mengapa Anda harus menggunakan Google Jamboard, ada beberapa alasan untuk meyakinkan Anda.

Pertama-tama, Google Jamboard adalah alat kolaboratif. Itu berarti dapat membantu tim Anda bertemu di ruang virtual di mana mereka dapat bekerja bersama tanpa berada di ruangan yang sama. Ini bisa menjadi keuntungan besar bagi bisnis dengan karyawan jarak jauh atau tim internasional.

Selain itu, ini adalah cara yang bagus untuk menghidupkan kembali rapat Anda. Sangat mudah kehilangan fokus atau arah tujuan dalam pekerjaan sehari-hari menjalankan bisnis, tetapi memiliki ruang pertemuan yang menginspirasi kreativitas dan kolaborasi dapat membuat tim tetap bersemangat dengan pekerjaan mereka.

Pastinya ini juga merupakan cara terbaik untuk meningkatkan kinerja dan memotivasi karyawan Anda dengan cara berbeda dalam pekerjaan mereka sehari-hari.

Dan terakhir, Google Jamboard bersifat digital – artinya akan terus berkembang untuk memanfaatkan kemajuan teknologi dan tren baru di dunia web. Saat inovasi baru terjadi, inovasi baru akan terjadi di Google Jamboard ini terlebih dahulu. Dengan begitu, ruang rapat Anda selalu mengikuti tren web terbaru.

Bagian 4: Menggunakan Google Jamboard untuk pembelajaran jarak jauh

Menggunakan Google Jamboard dapat memberikan kemudahan dalam pembelajaran jarak jauh atau online. Apa sajakah itu?

  • Pengajar bisa menggunakannya untuk menjelaskan konsep-konsep materi pembelajaran supaya bisa dimengerti oleh para murid.
  • Bisa berfungsi sebagai digital whiteboard (Papan tulis digital)
  • Bisa juga sebagai sarana pembelajaran berkelompok atau melakukan kolaborasi di kelas.
  • Bisa sebagai media pembelajaran interaktif dan hands-on secara online.
  • Bisa untuk feedback atau untuk mengetahui mood, apa yang sedang dipikirkan, ide kreatif dari peserta didik/murid.
  • Brainstorming idea
  • Grup diskusi.
Jamboard Lafayette College
lafayette college

Profesor Jenn Rossmann menggunakan Google Jamboard dengan cara yang kreatif untuk pembelajaran mengenai Technological Citizenship course (FYS 075). (lafayette, 2020)

Kesimpulan

Google Jamboard adalah cara baru untuk bekerja dengan siapapun baik di lingkungan dunia pendidikan maupun dunia bisnis. Baik Anda sedang bertukar pikiran tentang ide-ide baru atau berkolaborasi dalam sebuah proyek bisnis maupun di lingkungan dunia pendidikan maka Google Jamboard menyediakan alat yang Anda butuhkan untuk bekerja lebih cerdas, bukan lebih keras.

Penting untuk diingat bahwa Google Jamboard adalah alat yang cukup membantu dalam dunia bisnis maupun pendidikan, tetapi tidak untuk setiap bisnis. Ini dirancang untuk lingkungan yang lebih kolaboratif, jadi jika Anda lebih cenderung pada sisi individu/personal, itu mungkin bukan pilihan yang tepat.

Apa pun yang dicari dalam bisnis Anda ataupun peningkatan kualitas pengajaran di sekolah, Google memberikan penawaran solusi terbaik kepada Anda. Rangkaian produk ini merupakan sumber daya yang tak ternilai bagi perusahaan mana pun yang ingin mengembangkan bisnisnya.

Jika Anda mencari informasi lebih lanjut tentang bagaimana tutorial menggunakan Google Jamboard dapat membantu bisnis Anda maupun meningkatkan kualitas pendidikan di sekolah Anda, silakan kunjungi dan simak blog kami atau mendaftar di kelas online yang tersedia baik untuk dunia pendidikan maupun untuk corporate training. Informasi lebih lanjut bisa hubungi kami via email. Anda akan menemukan tips dan trik bermanfaat untuk mendapatkan hasil maksimal dari Google Jamboard Anda!

REFERENSI:

Featured Image. ID 236980815 © Golib Tolibov | Dreamstime.com

Using Jamboard for class engagement. (2020). lafayette college.

Interaktif papan tulis online untuk bisnis.

Infografis Jamboard Tools.

Jamboard aplikasi di Google Play

Artikel terkait lainnya bisa Anda baca melalui link berikut ini:

Cara Membuat Google Docs Dengan Mudah Untuk Pemula

Mengenal Google Workspace For Education Platform Pendidikan Digital

Ketahui Harga Google Workspace For Education

Solusi Terbaik Google Meet Untuk Pembelajaran Daring

Rachmawati Ari Taurisia

Rachmawati Ari Taurisia

Freelance trainer, facilitator, and academic content writer at Eudeka.id. Never late to learn something new. Upgrade skills now.

Leave a Reply

Your email address will not be published.