Web Developer, Profesi Menjanjikan di Era digital: Cek Gaji dan Tugasnya!

Table of Contents

Di era digital yang menawarkan kemudahan akses situs online di internet, pasti butuh campur tangan seorang pengembang web atau Web Developer. Tidak heran, kebanyakan anak muda menaruh  minat tinggi pada lapangan kerja di bidang ini. Profesi ini pun menawarkan kisaran gaji yang tinggi dengan lingkungan kerja yang fleksibel.

Web developer atau pengembang web adalah peran yang memungkinkan seseorang membuat dan mengelola sebuah program serta aplikasi untuk world wide web. Seorang pengembang web bertanggung jawab dalam membuat website dari mentahan hingga siap pakai, yakni dimulai dari membuat kode custom, mengembangkan layout website sampai dengan fitur, dan fungsi utama suatu website.

Tugas Seorang Web Developer

Menjalankan profesi sebagai pengembang web tentu tidak mungkin hanya dilakukan oleh satu orang. Setiap perusahaan biasanya membagi tugas pengembang web secara khusus dalam tiga kategori. Daripada Anda bertanya-tanya apa saja pembagian kategori yang dimaksud, silahkan simak poin-poin berikut ini:

  1. Front End Developer

Front End Developer adalah seorang programmer yang bertanggung jawab atas client-side atau merancang dan mengelola tampilan luar software yang bakal diakses oleh user. Tugas utama yaitu mengimplementasikan hasil desain awal perancangan aplikasi dari tim web designer, lalu menerjemahkan ke dalam bahasa pemrograman.

Seorang Front End Developer pun wajib menguasai tiga bahasa pemrograman yang menjadi fondasi awal penyusunan sebuah website, yaitu HTML, CSS dan JavaScript. Selain itu, merancang tampilan user interface dan user experience yang user friendly merupakan tanggung jawab utama dari bagian developer ini.

  1. Backend Developer

Backend Developer adalah seorang programmer yang bertanggung jawab atas server-side atau merancang, menyusun, membuat, mengelola kebutuhan server serta database. Tugas utama yaitu mengembangkan aplikasi berdasarkan informasi data yang diterima dari jejak digital para user, sehingga menuntut kemampuan berpikir kritis dan logika yang kuat.

Seorang Backend Developer dituntut untuk menguasai bahasa pemrograman PHP, dan untuk kebutuhan basis data adalah SQL. Bahkan sejumlah perusahaan juga memberikan kriteria khusus, di mana setiap programmer harus bisa menggunakan version control software, seperti GIT, SVN atau CVS.

  1. Full Stack Developer

Full Stack Developer adalah seorang programmer yang bertanggung jawab dalam membuat dan mengelola website, baik dari pertimbangan front end maupun backend. Anda pun harus memahami berbagai bahasa pemrograman mulai dari HTML hingga python. Selain itu, juga harus bisa membuat dan menguji API untuk pengembangan program website.

Skill dan Kualifikasi Web Developer

Jika Anda tertarik menjadi seorang web developer, maka Anda perlu belajar dan mencari informasi lebih banyak tentang bidang profesi satu ini. Nah, berikut skill dan kualifikasi yang harus dimiliki seorang pengembang web yang profesional:

  1. Pengetahuan Teknologi yang Luar Biasa

Seorang pengembang web wajib untuk memiliki pemahaman luas tentang komputer dan sistem informasi dalam menjalankan pekerjaannya. Jadi, Anda harus mahir menguasai teknologi terbaru dan mengikuti update tren industri terbaru.

  1. Ahli Memecahkan Masalah

Profesi satu ini juga menuntut tingkat ketelitian yang tinggi, di mana satu kesalahan saja dapat merusak seluruh program aplikasi website. Itulah alasan pengembang web harus ahli membuat analisis logis mengenai suatu masalah, dan menyelesaikan kesalahan pemrograman secara tepat waktu.

  1. Bertanggung Jawab dan Kooperatif

Untuk mencapai tujuan pekerjaan, Anda sebagai developer diharuskan bisa bertanggung jawab dan diwajibkan mampu bekerja secara mandiri atau bekerja secara tim. Kemudian, mampu bekerja dengan menyampaikan informasi yang dibutuhkan dalam suatu tim.

  1. Kemampuan Multitasking dan Komunikasi

Seorang pengembang web harus mampu multitasking dalam mengerjakan lebih dari satu proyek sekaligus. Bukan hanya itu, Anda harus mampu berkomunikasi sesuai dengan lawan bicara apakah rekan kerja atau atasan, keduanya memiliki karakter yang berbeda.

Gaji Seorang Web Developer

Jenjang karir dan pengalaman Anda dalam menyelesaikan berbagai proyek akan berpengaruh terhadap rata-rata gaji yang diterima. Nominal gaji pun tidak dapat dipukul rata karena harus disesuaikan dengan kondisi perusahaan, serta posisi Anda di tempat kerja. Di Indonesia, rata–rata gaji yang menjanjikan untuk Anda terima yaitu 5 sampai 12 juta rupiah per bulannya.

Itulah ulasan seputar kisaran gaji dan tugas dari seorang web developer yang popular di zaman serba digital ini. Jika Anda ingin berkarir di bidang ini, pastikan terus mengikuti perkembangan teknologi di era digital ini dan menguasai sejumlah bahasa pemrograman web.

Referensi:

Pekerjaan Web Developer. Glints.

Adani, M.R. (2020). Mengenal Pekerjaan Web Developer Beserta Gaji dan Tugas Yang Dimiliki. sekawanmedia.co.id.

Intermedia, B. (2019). Web Developer: Pengertian, Tugas, Gaji, Skill Yang Dibutuhkan. Jagoanhosting.

Artikel terkait lainnya :

Android Developer: Tugas, Gaji, dan Keuntungan dari Profesi ini!

Ini Profesi IT yang Paling Banyak Dicari dan Dibutuhkan

Mengenal Bill Gates, Microsoft dan Segudang Prestasi Gemilangnya

Programmer’s Thing : Mengenal dan Mempelajari Problem Solving

Keuntungan Informatika Menjadi Kurikulum Wajib di Jenjang Pendidikan SMP 

Software Engineer vs Programmer vs Software Developer vs DevOps Engineer

Kisah Sukses Pendiri Google Untuk Motivasi Belajar

Mengenal Dunia Karir Sebagai DevOps Engineer

6 Film Inspirasi untuk Belajar Coding yang Wajib Kamu Tonton

Kisah sukses Steve Jobs Pendiri Apple Untuk Motivasi Belajar

Indonesia Krisis Talenta Digital, Benarkah?

Bagikan Artikel Ini

Table of Contents

Bagikan Artikel Ini

Lanjutkan Membaca

Temukan & cerna bacaan yang memperluas wawasan tentang Transformasi Digital Pendidikan